Foto TGB Zainul Majdi Baca Kitab Kuning Bersama Kyai Maimun Hebohkan Netizen: Ternyata TGB Pakar Kitab Kuning!



Ahad, 18 Februari 2018

Jakarta - Gubernur NTB Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) dekat dengan para Ulama, itu semua orang sudah tau dari dulu sebagaimana beliau adalah seorang penghafal Al-Qur'an, maka itu masyarakat NTB dan umat Islam sangat mencintai beliau.

Bahkan TGB kerap mengikuti Aksi-Aksi Bela Islam dibawah komando Habib Rizieq Shihab dan para Ulama sehingga terbukti beliau memiliki kepedulian yang tinggi terhadap Islam.

Namun tersebarnya foto TGB sedang membaca kitab kuning bersama ulama kharismatik Jawa Tengah KH Maimun Zubair benar-benar membuat umat Islam kaget. Apalagi kemudian diketahui TGB bukan lagi mampu membaca kitab kuning, tapi beliau adalah pakar kitab kuning!. Masya Allah...

Dilihat dari rekam jejaknya, S3 TGB Zainul Majdi ditempuh di universitas Al-Azhar Kairo Mesir dan dapat predikat Suma Cumlaude. Jadi TGB memang seorang Pemimpin Muslim Berprestasi.

Dan dari seluruh nama-nama yang beredar, TGB Zainul Majdi adalah satu-satunya bakal calon Presiden di Indonesia saat ini yang merupakan pakar kitab kuning, sehingga beliau menjadi salah satu harapan besar umat Islam Indonesia untuk menjadi Presiden satu saat nanti.

Selengkapnya pendidikan yang pernah ditempuh oleh TGB Zainul Majdi adalah:

Mengenyam pendidikan dasar di SDN 3 Mataram (Sekarang SDN 6 Mataram), lulus tahun 1986. Ia melewati jenjang SLTP di Madrasah Tsanawiyah Mu'allimin Nahdlatul Wathan Pancor hanya selama 2 tahun, dan lulus Aliyah di yayasan yang sama tahun 1991.

Sebelum memasuki perguruan tinggi ia menghafal Al-Qur'an di Ma’had Darul Qur’an wal Hadits Nahdlatul Wathan Pancor selama setahun (1991-1992).

Kemudian pada tahun 1992 TGB Zainul Majdi berangkat ke Kairo guna menimba ilmu di Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Universitas Al-Azhar Kairo dan lulus meraih gelar Lc. pada tahun 1996. Lima tahun berikutnya, ia meraih Master of Art (M.A.) dengan predikat Jayyid Jiddan.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di Al-Azhar selama 10 tahun, TGB Zainul Majdi melanjutkan ke program S3 di universitas dan jurusan yang sama. Pada bulan Oktober 2002, proposal disertasi Majdi diterima dengan judul Studi dan Analisis terhadap Manuskrip Kitab Tafsir Ibnu Kamal Basya dari Awal Surat An-Nahl sampai Akhir Surat Ash-Shoffat di bawah bimbingan Prof. Dr. Said Muhammad Dasuqi dan Prof. Dr. Ahmad Syahaq Ahmad.

TGB berhasil meraih gelar Doktor dengan predikat Martabah EL-Syaraf El Ula Ma`a Haqqutba atau Summa Cumlaude pada hari sabtu, 8 Januari 2011 dalam munaqosah (sidang) dengan Dosen Penguji Prof. Dr. Abdul Hay Hussein Al-Farmawi dan Prof. Dr . Al-Muhammady Abdurrahman Abdullah Ats-Tsuluts.