Wakil Ketua DPR RI: Mohammad Natsir Itu Bapak NKRI!

Rabu, 11 April 2018

Faktakini.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, memandang Mosi Integaral Natsir sebagai salah satu prestasi besar yang pernah dicapai parlemen Indonesia.

Mosi ini, katanya, telah mempersatukan Indonesia yang sebelumnya terpecah-pecah menjadi negara-negara bagian yang sesungguhnya hanya boneka Belanda.

“Tanpa Mosi Integral Natsir, maka tidak akan ada NKRI,” ujarnya dalam acara Seminar 68 tahun Mosi Integral NKRI Mohamad Natsir di Aula Museum Naskah Proklamasi, Jakarta, Selasa (10/04/2018).

Karena itu, ia mengusulkan tanggal 3 April bisa diperingati sebagai hari besar nasional yakni hari NKRI.

Ia menyebutkan ada dua hal yang cukup relevan dari mosi integral M Natsir untuk kondisi saat ini.

Pertama, katanya, spirit Mosi Integral Natsir masih sangat relevan untuk meningkatkan rasa persatuan sebagai bangsa.

Menurutnya, ancaman integrasi suatu bangsa pasti akan selalu ada. Namun, kata dia, ancaman sekarang bukanlah federalisme ala Van Mook, melainkan masalah integrasi yang berakar dari maraknya ketimpangan ekonomi, kesejahteraan, ketidakadilan hukum, dan lain sebagainya.

“Jika ketimpangan-ketimpangan itu dibiarkan dan tidak ada penanganan serius, maka hal ini bisa mengancam eksistensi NKRI,” tegasnya.

Kekecewaan yang tidak dikelola, sambungnya, akan memunculkan dan mendorong pikiran untuk memisahkan dari ikatan suatu bangsa. Karena itu tantangan ini tidak boleh disepelekan.

Hal kedua yang relevan dari mosi integral Natsir, lanjut Fadli, adalah seruannya untuk pemerintah agar tegas menyelesaikan persoalan bangsa. Mosi Integral Natsir memicu sikap pemerintah pusat mengambil inisiatif lanjutan untuk menyelesaikan persoalan bangsa.

Ia berharap pemerintah sekarang juga bida mengambil inisiatif dan langkah yang bijaksana, adil, dan tidak ragu menyelesaikan persoalan bangsa dan negara.

Saat tampil di acara ILC Tvone, Selasa (10/4/2018) Fadli Zon menyatakan dengan tegas, "M Natsir Bapak NKRI!".

Foto: Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon

Sumber: Hidayatullah

Posting Komentar untuk "Wakil Ketua DPR RI: Mohammad Natsir Itu Bapak NKRI!"