Habib Idrus Bin Salim Aljufri, Penyebar Islam Di Indonesia Timur
Senin, 18 Juni 2018
Faktakini.com
HABIB IDRUS BIN SALIM ALJUFRI, PENYEBAR ISLAM DI INDONESIA TIMUR
Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
Guru tua, begitu Beliau disapa. Beliau adalah Ulama Hadramaut yang hijrah ke Indonesia
untuk menjaga benteng pertahanan akidah Islam di Sulawesi dari rongrongan
ancaman Missionaris Kristen. Beliaulah pendiri Yayasan Alkhairaat,
yang kini terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTS, MA hingga Universitas.
Lembaga-lembaga pendidikan Islam Al-Khairaat berpusat di Kota Palu dan
menyebar ke daerah sekitar, menjadikannya sebagai pintu gerbang dakwah Islam
di Kawasan Timur Nusantara.
Nasab Beliau adalah :
Habib Idrus bin Salim bin Alwi bin Segaf bin Alwi bin Abdullah bin Husein bin Salim
bin Idrus bin Muhammad bin Abdullah bin Alwi bin Abu Bakar Aljufri bin Muhammad
bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ali
bin Muhammad Faqqqih Al-Muqaddam bin Alwi bin Abdullah bin Ahmad Al-Muhajir
bin Isa An-Naqib bin Ali AL-‘Uraidhi bin Jakfar As-Shadiq bin Muhammad Al-Baqir
bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Ali bin Abi Thalib suami Fatimah Azzahrah
binti Rasulullah shallahu alaihi wa sallam.
Habib Idrus lahir di kota Taris, 4 km dari ibu kota Seiwun,
Hadramaut, pada 14 sya’ban 1309 H bertepatan dengan 15 Maret 1881 M.
Beliau mendapat pendidikan agama langsung dari ayah dan lingkungan keluarganya.
Ayah beliau, Habib Salim adalah seorang qadhi (hakim) dan
mufti (Ulama yang memiliki otoritas mutlak untuk memberi fatwa) di Kota Taris, Hadramaut.
Sedangkan kakek Beliau, Al Habib Alwi bin Segaf Aljufri, adalah seorang ulama di masa itu.
Beliau adalah salah satu dari lima orang ahli hukum di Hadramaut yang fatwa-fatwanya
terkumpul dalam kitab Bulughul Musytarsyidin, karya Al-Imam Al-habib Abdurrahman Al-Masyhur.
Tatkala Habib Idrus menginjak usia remedial, ayah Beliau Al-Habib Salim melihat
bahwa kelak anak nya ini bisa menggantikannya.
Beliaupun mendidik anaknya tersebut secara khusus. Habib Salim membuatkan kamar
khusus bagi anaknya agar dapat berkonsentrasi dalam belajar.
Habib Idrus kemudian mendalami berbagai Ilmu seperti tafsir, hadits, tasawuf, fiqih,
Tauhid, Mantiq, ma’ani, bayan, badi’, nahwu, sharaf, falaq, tarikh dan sastra.
Selain pada ayahnya, Habib Idrus juga belajar kepada Para Ulama dan Auliya’ di Hadramaut, diantaranya adalah :
Al-Habib Muhsin bin Alwi Assegaf,
Al-Habib Abdurrahman bin Alwi bin Umar Assegaf,
Al-Habib Muhammad bin Ibrahim bilfaqih,
Al-Habib Abdullah bin Husein bin Sholeh Al-Bahar,
Al-Habib Idrus bin Umar Al-Habsyi.
Dan Al-Habib Abdullah bin Umar As-Syathiri di Rubath Tarim.
Kemudian pada tahun 1327 H. atau sekitar tahun 1909 M bersama sang ayah,
Habib Idrus berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji dan
berziarah ke makam datuknya Rasulullah salallahu alaihi wasallam di Madinah.
Di sana mereka menetap selama enam bulan.
Selama itu Habib Salim memanfaatkan waktunya untuk mengajak putranya ini
berziarah kepada para ulama dan Auliya’ yang berada di Hijaz pada masa itu,
untuk memminta berkah, do’a serta ijazah dari mereka.
Salah satunya kepada Sayyid Abbas Al-Maliki Al-Hasani di Makkah.
Habib Salim kemudian membawa putranya kembali ke Hadramaut.
Setelah itu beliau membawa Habib Idrus berlayar ke Indonesia tepatnya di kota Manado
untuk menemui ibunya Syarifah Nur Al-Jufri serta Habib Alwi dan Habib Syekh yang
merupakan kedua saudara kandung Habib Idrus yang telah terlebih dahulu hijrah ke Indonesia.
Setelah beberapa waktu di Indonesia, Habib Idrus dan ayahnya kembali ke Hadramaut.
Sebtibanya di Hadramaut, Habib Idrus mengajar di Madrasah yang dipimpin oleh ayah beliau.
Setelah itu Habib Idrus menikah dengan Syarifah Bahiyah,
yang kemudian dikaruniai tiga orang anak :
Habib Salim, Habib Muhammad dan Syarifah Raguan.
Pada bulan Syawwal 1334 H bertepatan dengan 1906 M ayah beliau wafat.
Dan pada tahun itu pula Habib Idrus diangkat oleh Sultan Mansur sebagai Mufti
dan Qadhi di kota Taris, Hadramaut, padahal usianya saat itu baru 25 Tahun.
Semenjak tahun 1839 M Hadramaut berada dalam penjajahan Inggris.
Pada masa penjajahan Inggris itulah Habib Idrus bersama seorang sahabatnya,
Habib Abdurrahman bin Ubaidillah (keduanya dikenal sebgai ulama yang moderat)
bermaksud ke Mesir untuk mempublikasikan kekejaman Inggris dan pelanggaran
Hak Asasi Manusia yang dilakukan oleh Inggris di Hadramaut.
Setelah sesuatunya dipersiapkan dengan matang dan rapi,
keduanya berangkat melalui Pelabuhan Aden.
Namun di Pelabuhan Laut Merah itu rencana mereka diketahui oleh pasukan Inggris.
Keduanya ditangkap, dokumennya disita dan dimusnahkan.
Setelah ditahan beberapa waktu kemudian mereka dibebaskan dengan syarat,
mereka tidak diperbolehkan bepergian ke negeri Arab manapun.
Setelah kejadian itu Habib Abdurrahman memilih tinggal di Hadramaut,
sedangkan Habib Idrus memilih hijrah ke Indonesia.
Pada tahun 1925 M Habib Idrus kembali untuk kedua kalinya ke Indonesia.
Pada mulanya beliau tinggal di Pekalongan, Jawa Tengah.
Di sana beliau menika dengan Syarifah Aminah Al-Jufri.
Dari pernikahan tersebut beliau dikaruniai dua anak perempuan,
Syarifah Lulu’ dan Syarifah Nikmah.
Syarifah Lulu’ kemudian menikah dengan Sayyid Segaf bin Syekh Al-Jufri,
yang salah seorang anaknya adalah Dr. Salim Segaf Al-Jufri,
(Mantan duta besar Indonesia untuk Arab Saudi).
Pada tahun 1926 M beliau pindah ke kota Jombang, disana beliau mengajar dan berdagang.
Di tanah Jawa ini ia sempat menjalin keakraban dengan pengasuh
Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, KH Hasyim Asy’ari.
Kiai Hasyim adalah pendiri ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU).
Namun di penghujung tahun 1928 M karena seringkali mengalami kerugian dalam berdagang,
Habib Idrus berhenti Berdagang dan memulai mengajar.
Di tahun itu pula beliau pindah ke kota Solo.
Pada tanggal 27 Desember 1928 bersama beberapa Habaib beliau mendirikan
Madrasah Rabithah Alawiyah di kota Solo.
Namun, pada akhir tahun 1929 M Habib Idrus meninggalkan kota Solo dan hijrah ke Sulawesi.
Beliau kemudian berlayar menuju Manado. Ketika kapalnya singgah di Donggala,
Habib Idrus menggunakan kesempatan itu untuk berkonsolidasi dengan komunitas Arab
yang dipimpin Syekh Nasar bin Khams Al-Amri, di situ beliau mengutarakan tentang
rencananya untuk mendirikan madrasah di kota Palu.
Setibanya di Manado, Habib Idrus mendapatkan telegram tentang hasil musyawarah
masyarakat arab yang ada di Kota Palu mengenai pendirian Madrasah.
Pada akhirnya disepakati bersama bahwa sarana pendidikan berupa gedung akan disiapkan
oleh masyarakat arab Palu, sedangkan gaji guru, Habib Idrus yang akan mengusahakannya.
Pada awal 1930 M Habib Idrus menuju kota Palu.
Dan pada tanggal 30 Juni 1930 M setelah mengurus prizinan pendirian dan surat-surat
lainnya ke pemerintah Hindia Belanda, maka, diresmikanlah Madrasah Al-Khairaat di Kota Palu.
Dalam perkembangannya, pengelolaan Madrasah sepenuhnya ditangani oleh Habib Idrus.
Para murid yang belajar di sana tidak dipungut biaya sama sekali.
Hal ini karena Habib Idrus mengadaptasi sistem pendidikan arab yang pada umumnya tidak
memungut biaya kepada para muridnya. Sehingga para murid lebih fokus dalam belajar.
Habib Idrus memberikan gaji kepada para guru dan staf sekolah dari hasilnya berdagang.
Habib Idrus mengajar para santrinya dengan penuh dedikasi dan profesionalitas yang tinggi.
Keikhlasan dan keuletan beliau telah membuahkan hasil.
Perguruan Al-Khairaat waktu itu telah menghasilkan guru-guru Islam yang handal
yang kemudian disebarkan ke seluruh pelosok Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara,
Maluku, dan Irian Jaya. Keberadaan perguruan Al-Khairaat dan para santrinya telah berhasil membentengi kawasan Timur Indonesia dari para penginjil,
yang waktu itu pada masa Hindia Belanda ada tiga organisasi yang bertugas
mengkristenkan suku-suku terasing di Sulawesi Tengah.
Mereka adalah Indische Kerk (IK) berpusat di Luwu,
Nederlands Zending Genootschap (NZG) berpusat di Tentena,
dan Leger Dois Hest (LDH) berpusat di Kalawara.
Pada tanggal 11 Januari 1942 M Jepang menduduki Sulawesi dan menjadikan kota Manado
sebagai pusat pangkalan di Kawasan Timur Indonesia.
Tidak berselang lama stelah itu, Jepang memerintahkan penutupan perguruan Al-Khairaat.
Selama tiga setengah tahun kependudukan Jepang, Habib Idrus tidak menyerah sedikitpun untuk mengajar para muridnya. Proses belajar mengajar tetap berlangsung meskipun secara
sembunyi-sembunyi. Lokasi pembelajaran dialihkan ke desa Bayoge,
yang berjarak satu setengah kilometer dari lokasi perguruan Al-Khairaat.
Pengajarannya dilaksanakan pada malam hari dan hanya menggunakan penerangan seadanya,
para muridnya datang satu persatu secara sembunyi- sembunyi.
Tepat saat kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 Habib Idrus
kembali membuka perguruan Al-Khairaat secara resmi.
Beliau berjuang kembali untuk mengembangkan dakwah dan pendidikan Islam.
Hingga selama kurun waktu 26 tahun (1930-1956) lembaga yang telah dirintisnya ini
telah menjangkau seluruh kawasan Indonesia Timur.
Perguruan Alkhairaat kemudian mengembangkan sayapnya dengan membuka
perguruan tinggi pada tahun 1964 M dengan nama Universitas Islam Al-Khairaat
dengan tiga fakultas di dalamnya, yaitu: Fakultas Sastra, Fakultas Tarbiyah,
dan Fakultas Syariah. Dan Habib Idrus sebagai Rektor pertamanya.
Ketika terjadi peristiwa pemberontakan G30S PKI pada tahun 1965,
perguruan tinggi Al-Khairaat dinonaktifkan untuk sementara.
Para Mahasiswanya diberikan tugas untuk berdakwah di daerah-daerah terpencil
kawasan Sulawesi. Hal ini sebagai upaya untuk membendung paham komunis sekaligus
melebarkan dakwah Islam.
Setelah keadaan kondusif, pada tahun 1969 perguruan Tinggi Al-Khairaat dibuka kembali.
Masih dalam suasana Idul Fitri, sakit parah yang telah lama diderita Habib Idrus kembali kambuh. Bertambah hari sakitnya semakin berat.
Maka, guru, Ulama dan Sastrawan itu wafat, pada hari senin 12 Syawwal 1389 H
betepatan dengan 22 Desember 1969 M. sebelum menjelang detik-detik kewafatannya,
Habib Idrus sudah mewasiatkan tentang siapa saja yang memandikan jenazah,
imam shalat jenazah, tempat pelaksanaan shalat jenazah,
siapa yang menerima jenazah di Liang lahat, muadzin di liang lahad,
sampai yang membaca talqin di kubur.
Habib Idrus tidak meninggalkan karangan kitab,
namun karya besarnya adalah Al-Khairaat dan murid-muridnya yang telah memberikan
pengajaran serta pencerahan agama kepada umat.
Mereka para murid-murid Al-Khairaat meneybar di seluruh kawasna Indonesia untuk
meneruskan perjuangan sang Pendidik yang tak kenal putus asa ini.
Salah satu murid belia yang melanjutkan dakwahnya adalah Ustad Abdullah Awadh Abdun,
yang hijarh dari kota Palu ke Kota Malang untuk berdakwah dan mendidik para muridnya
dengan mendirikan pesantren Daarut Tauhid di Kota Malang.
Dan, ketika Beliau wafat pada usia 77 tahun, lembaga pendidikan Alkhairaat telah
menyebar di kawasan timur Indonesia. Kala Guru Tua menutup mata,
Alkhairaat sudah memiliki 425 madrasah, sekolah, hingga perguruan tinggi.
Dari hari ke hari, warisan pendidikan dari Habib Idrus terus meluas.
Kini, Alkhairaat telah menyebar ke 11 provinsi di kawasan timur Indonesia.
Dari sebaran itu, tercatat ada sekitar 2.000 madrasah dan sekolah Alkhairaat yang kini eksis
dibentuk pula Wanita Islam Al-Khairaat dan Himpunan Pemuda Al-Khairaat.
Semoga bermanfaat
Silahkan share
"Biografi singkat Habib Idrus bin Salim Al Jufri"
Faktakini.com
HABIB IDRUS BIN SALIM ALJUFRI, PENYEBAR ISLAM DI INDONESIA TIMUR
Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
Guru tua, begitu Beliau disapa. Beliau adalah Ulama Hadramaut yang hijrah ke Indonesia
untuk menjaga benteng pertahanan akidah Islam di Sulawesi dari rongrongan
ancaman Missionaris Kristen. Beliaulah pendiri Yayasan Alkhairaat,
yang kini terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTS, MA hingga Universitas.
Lembaga-lembaga pendidikan Islam Al-Khairaat berpusat di Kota Palu dan
menyebar ke daerah sekitar, menjadikannya sebagai pintu gerbang dakwah Islam
di Kawasan Timur Nusantara.
Nasab Beliau adalah :
Habib Idrus bin Salim bin Alwi bin Segaf bin Alwi bin Abdullah bin Husein bin Salim
bin Idrus bin Muhammad bin Abdullah bin Alwi bin Abu Bakar Aljufri bin Muhammad
bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ali
bin Muhammad Faqqqih Al-Muqaddam bin Alwi bin Abdullah bin Ahmad Al-Muhajir
bin Isa An-Naqib bin Ali AL-‘Uraidhi bin Jakfar As-Shadiq bin Muhammad Al-Baqir
bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Ali bin Abi Thalib suami Fatimah Azzahrah
binti Rasulullah shallahu alaihi wa sallam.
Habib Idrus lahir di kota Taris, 4 km dari ibu kota Seiwun,
Hadramaut, pada 14 sya’ban 1309 H bertepatan dengan 15 Maret 1881 M.
Beliau mendapat pendidikan agama langsung dari ayah dan lingkungan keluarganya.
Ayah beliau, Habib Salim adalah seorang qadhi (hakim) dan
mufti (Ulama yang memiliki otoritas mutlak untuk memberi fatwa) di Kota Taris, Hadramaut.
Sedangkan kakek Beliau, Al Habib Alwi bin Segaf Aljufri, adalah seorang ulama di masa itu.
Beliau adalah salah satu dari lima orang ahli hukum di Hadramaut yang fatwa-fatwanya
terkumpul dalam kitab Bulughul Musytarsyidin, karya Al-Imam Al-habib Abdurrahman Al-Masyhur.
Tatkala Habib Idrus menginjak usia remedial, ayah Beliau Al-Habib Salim melihat
bahwa kelak anak nya ini bisa menggantikannya.
Beliaupun mendidik anaknya tersebut secara khusus. Habib Salim membuatkan kamar
khusus bagi anaknya agar dapat berkonsentrasi dalam belajar.
Habib Idrus kemudian mendalami berbagai Ilmu seperti tafsir, hadits, tasawuf, fiqih,
Tauhid, Mantiq, ma’ani, bayan, badi’, nahwu, sharaf, falaq, tarikh dan sastra.
Selain pada ayahnya, Habib Idrus juga belajar kepada Para Ulama dan Auliya’ di Hadramaut, diantaranya adalah :
Al-Habib Muhsin bin Alwi Assegaf,
Al-Habib Abdurrahman bin Alwi bin Umar Assegaf,
Al-Habib Muhammad bin Ibrahim bilfaqih,
Al-Habib Abdullah bin Husein bin Sholeh Al-Bahar,
Al-Habib Idrus bin Umar Al-Habsyi.
Dan Al-Habib Abdullah bin Umar As-Syathiri di Rubath Tarim.
Kemudian pada tahun 1327 H. atau sekitar tahun 1909 M bersama sang ayah,
Habib Idrus berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji dan
berziarah ke makam datuknya Rasulullah salallahu alaihi wasallam di Madinah.
Di sana mereka menetap selama enam bulan.
Selama itu Habib Salim memanfaatkan waktunya untuk mengajak putranya ini
berziarah kepada para ulama dan Auliya’ yang berada di Hijaz pada masa itu,
untuk memminta berkah, do’a serta ijazah dari mereka.
Salah satunya kepada Sayyid Abbas Al-Maliki Al-Hasani di Makkah.
Habib Salim kemudian membawa putranya kembali ke Hadramaut.
Setelah itu beliau membawa Habib Idrus berlayar ke Indonesia tepatnya di kota Manado
untuk menemui ibunya Syarifah Nur Al-Jufri serta Habib Alwi dan Habib Syekh yang
merupakan kedua saudara kandung Habib Idrus yang telah terlebih dahulu hijrah ke Indonesia.
Setelah beberapa waktu di Indonesia, Habib Idrus dan ayahnya kembali ke Hadramaut.
Sebtibanya di Hadramaut, Habib Idrus mengajar di Madrasah yang dipimpin oleh ayah beliau.
Setelah itu Habib Idrus menikah dengan Syarifah Bahiyah,
yang kemudian dikaruniai tiga orang anak :
Habib Salim, Habib Muhammad dan Syarifah Raguan.
Pada bulan Syawwal 1334 H bertepatan dengan 1906 M ayah beliau wafat.
Dan pada tahun itu pula Habib Idrus diangkat oleh Sultan Mansur sebagai Mufti
dan Qadhi di kota Taris, Hadramaut, padahal usianya saat itu baru 25 Tahun.
Semenjak tahun 1839 M Hadramaut berada dalam penjajahan Inggris.
Pada masa penjajahan Inggris itulah Habib Idrus bersama seorang sahabatnya,
Habib Abdurrahman bin Ubaidillah (keduanya dikenal sebgai ulama yang moderat)
bermaksud ke Mesir untuk mempublikasikan kekejaman Inggris dan pelanggaran
Hak Asasi Manusia yang dilakukan oleh Inggris di Hadramaut.
Setelah sesuatunya dipersiapkan dengan matang dan rapi,
keduanya berangkat melalui Pelabuhan Aden.
Namun di Pelabuhan Laut Merah itu rencana mereka diketahui oleh pasukan Inggris.
Keduanya ditangkap, dokumennya disita dan dimusnahkan.
Setelah ditahan beberapa waktu kemudian mereka dibebaskan dengan syarat,
mereka tidak diperbolehkan bepergian ke negeri Arab manapun.
Setelah kejadian itu Habib Abdurrahman memilih tinggal di Hadramaut,
sedangkan Habib Idrus memilih hijrah ke Indonesia.
Pada tahun 1925 M Habib Idrus kembali untuk kedua kalinya ke Indonesia.
Pada mulanya beliau tinggal di Pekalongan, Jawa Tengah.
Di sana beliau menika dengan Syarifah Aminah Al-Jufri.
Dari pernikahan tersebut beliau dikaruniai dua anak perempuan,
Syarifah Lulu’ dan Syarifah Nikmah.
Syarifah Lulu’ kemudian menikah dengan Sayyid Segaf bin Syekh Al-Jufri,
yang salah seorang anaknya adalah Dr. Salim Segaf Al-Jufri,
(Mantan duta besar Indonesia untuk Arab Saudi).
Pada tahun 1926 M beliau pindah ke kota Jombang, disana beliau mengajar dan berdagang.
Di tanah Jawa ini ia sempat menjalin keakraban dengan pengasuh
Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, KH Hasyim Asy’ari.
Kiai Hasyim adalah pendiri ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU).
Namun di penghujung tahun 1928 M karena seringkali mengalami kerugian dalam berdagang,
Habib Idrus berhenti Berdagang dan memulai mengajar.
Di tahun itu pula beliau pindah ke kota Solo.
Pada tanggal 27 Desember 1928 bersama beberapa Habaib beliau mendirikan
Madrasah Rabithah Alawiyah di kota Solo.
Namun, pada akhir tahun 1929 M Habib Idrus meninggalkan kota Solo dan hijrah ke Sulawesi.
Beliau kemudian berlayar menuju Manado. Ketika kapalnya singgah di Donggala,
Habib Idrus menggunakan kesempatan itu untuk berkonsolidasi dengan komunitas Arab
yang dipimpin Syekh Nasar bin Khams Al-Amri, di situ beliau mengutarakan tentang
rencananya untuk mendirikan madrasah di kota Palu.
Setibanya di Manado, Habib Idrus mendapatkan telegram tentang hasil musyawarah
masyarakat arab yang ada di Kota Palu mengenai pendirian Madrasah.
Pada akhirnya disepakati bersama bahwa sarana pendidikan berupa gedung akan disiapkan
oleh masyarakat arab Palu, sedangkan gaji guru, Habib Idrus yang akan mengusahakannya.
Pada awal 1930 M Habib Idrus menuju kota Palu.
Dan pada tanggal 30 Juni 1930 M setelah mengurus prizinan pendirian dan surat-surat
lainnya ke pemerintah Hindia Belanda, maka, diresmikanlah Madrasah Al-Khairaat di Kota Palu.
Dalam perkembangannya, pengelolaan Madrasah sepenuhnya ditangani oleh Habib Idrus.
Para murid yang belajar di sana tidak dipungut biaya sama sekali.
Hal ini karena Habib Idrus mengadaptasi sistem pendidikan arab yang pada umumnya tidak
memungut biaya kepada para muridnya. Sehingga para murid lebih fokus dalam belajar.
Habib Idrus memberikan gaji kepada para guru dan staf sekolah dari hasilnya berdagang.
Habib Idrus mengajar para santrinya dengan penuh dedikasi dan profesionalitas yang tinggi.
Keikhlasan dan keuletan beliau telah membuahkan hasil.
Perguruan Al-Khairaat waktu itu telah menghasilkan guru-guru Islam yang handal
yang kemudian disebarkan ke seluruh pelosok Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara,
Maluku, dan Irian Jaya. Keberadaan perguruan Al-Khairaat dan para santrinya telah berhasil membentengi kawasan Timur Indonesia dari para penginjil,
yang waktu itu pada masa Hindia Belanda ada tiga organisasi yang bertugas
mengkristenkan suku-suku terasing di Sulawesi Tengah.
Mereka adalah Indische Kerk (IK) berpusat di Luwu,
Nederlands Zending Genootschap (NZG) berpusat di Tentena,
dan Leger Dois Hest (LDH) berpusat di Kalawara.
Pada tanggal 11 Januari 1942 M Jepang menduduki Sulawesi dan menjadikan kota Manado
sebagai pusat pangkalan di Kawasan Timur Indonesia.
Tidak berselang lama stelah itu, Jepang memerintahkan penutupan perguruan Al-Khairaat.
Selama tiga setengah tahun kependudukan Jepang, Habib Idrus tidak menyerah sedikitpun untuk mengajar para muridnya. Proses belajar mengajar tetap berlangsung meskipun secara
sembunyi-sembunyi. Lokasi pembelajaran dialihkan ke desa Bayoge,
yang berjarak satu setengah kilometer dari lokasi perguruan Al-Khairaat.
Pengajarannya dilaksanakan pada malam hari dan hanya menggunakan penerangan seadanya,
para muridnya datang satu persatu secara sembunyi- sembunyi.
Tepat saat kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 Habib Idrus
kembali membuka perguruan Al-Khairaat secara resmi.
Beliau berjuang kembali untuk mengembangkan dakwah dan pendidikan Islam.
Hingga selama kurun waktu 26 tahun (1930-1956) lembaga yang telah dirintisnya ini
telah menjangkau seluruh kawasan Indonesia Timur.
Perguruan Alkhairaat kemudian mengembangkan sayapnya dengan membuka
perguruan tinggi pada tahun 1964 M dengan nama Universitas Islam Al-Khairaat
dengan tiga fakultas di dalamnya, yaitu: Fakultas Sastra, Fakultas Tarbiyah,
dan Fakultas Syariah. Dan Habib Idrus sebagai Rektor pertamanya.
Ketika terjadi peristiwa pemberontakan G30S PKI pada tahun 1965,
perguruan tinggi Al-Khairaat dinonaktifkan untuk sementara.
Para Mahasiswanya diberikan tugas untuk berdakwah di daerah-daerah terpencil
kawasan Sulawesi. Hal ini sebagai upaya untuk membendung paham komunis sekaligus
melebarkan dakwah Islam.
Setelah keadaan kondusif, pada tahun 1969 perguruan Tinggi Al-Khairaat dibuka kembali.
Masih dalam suasana Idul Fitri, sakit parah yang telah lama diderita Habib Idrus kembali kambuh. Bertambah hari sakitnya semakin berat.
Maka, guru, Ulama dan Sastrawan itu wafat, pada hari senin 12 Syawwal 1389 H
betepatan dengan 22 Desember 1969 M. sebelum menjelang detik-detik kewafatannya,
Habib Idrus sudah mewasiatkan tentang siapa saja yang memandikan jenazah,
imam shalat jenazah, tempat pelaksanaan shalat jenazah,
siapa yang menerima jenazah di Liang lahat, muadzin di liang lahad,
sampai yang membaca talqin di kubur.
Habib Idrus tidak meninggalkan karangan kitab,
namun karya besarnya adalah Al-Khairaat dan murid-muridnya yang telah memberikan
pengajaran serta pencerahan agama kepada umat.
Mereka para murid-murid Al-Khairaat meneybar di seluruh kawasna Indonesia untuk
meneruskan perjuangan sang Pendidik yang tak kenal putus asa ini.
Salah satu murid belia yang melanjutkan dakwahnya adalah Ustad Abdullah Awadh Abdun,
yang hijarh dari kota Palu ke Kota Malang untuk berdakwah dan mendidik para muridnya
dengan mendirikan pesantren Daarut Tauhid di Kota Malang.
Dan, ketika Beliau wafat pada usia 77 tahun, lembaga pendidikan Alkhairaat telah
menyebar di kawasan timur Indonesia. Kala Guru Tua menutup mata,
Alkhairaat sudah memiliki 425 madrasah, sekolah, hingga perguruan tinggi.
Dari hari ke hari, warisan pendidikan dari Habib Idrus terus meluas.
Kini, Alkhairaat telah menyebar ke 11 provinsi di kawasan timur Indonesia.
Dari sebaran itu, tercatat ada sekitar 2.000 madrasah dan sekolah Alkhairaat yang kini eksis
dibentuk pula Wanita Islam Al-Khairaat dan Himpunan Pemuda Al-Khairaat.
Semoga bermanfaat
Silahkan share
"Biografi singkat Habib Idrus bin Salim Al Jufri"