Keutamaan Dan Keistimewaan Mati Syahid Di Sisi Allah SWT

Selasa, 23 Juli 2018

Faktakini.com

*KEUTAMAAN DAN KEISTIMEWAAN MATI SYAHID DI SISI ALLAH SWT.*

Oleh :

KH. Tb. Abdurrahman Anwar Al Bantany.
(Majelis Syuro DPP FPI & Pengasuh Majelis Mudzakaroh Asrorul Qulub)

Dan janganlah kalian mengatakan terhadap orang orang yang gugur di jalan Allah swt (bahwa mereka itu) mati. Bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup tetapi kamu tidak menyadarinya. (Q.S. Al Baqoroh : 154).

Berkaitan dengan ayat tersebut di atas Rasululloh saw bersabda: "Sesungguhnya Allah swt memuliakan para Syuhada (orang-orang yang mati Syahid) dengan lima kemuliaan yang tidak pernah Allah swt gunakan untuk memuliakan siapapun. Bahkan ku tidak pernah mendapatkan satupun dari Lima Kemuliaan Ini.

Lima Kemuliaan itu adalah:

Pertama:

Sesungguhnya Ruh Para Nabi itu dicabut oleh Malaikat maut, demikian juga dengan diriku. Sementara Ruh para Syuhada itu dicabut langsung oleh Allah swt.

Kedua:

Sesungguhnya para Nabi itu dimandikan setelah kematiannya, demikian pula dengan diriku. Sedangkan para Syuhada itu tidak dimandikan.

Ketiga:

Sesungguuhnya kematian para Nabi itu harus dikafani sebelum dikubur, demikian pula dengan diriku. Sedangkan para Syuhada tidak harus dikafani.

Keempat:

Sesungguhnya para Nabi itu setelah meninggal dunia disebut dengan orang yang sudah mati, demikian pula dengan diriku; Yakni akan dikatakan Muhammad telah Wafat. Sedangkan para Syuhada mereka tetap disebut orang orang yang tetap masih hidup.

Kelima:

Sesungguhnya semua para Nabi akan memberikan Syafaat pada hari kiamat kelak, demikian juga dengan diriku. Sedangkan para Syuhada akan memberikan syafaat setiap hari sampai hari Kiamat.

Menyimak keterangan diatas ternyata kedudukan mati Syahid memiliki keistimewaan yang luar biasa indah dan menakjubkan.

Pantas para Sahabat Rasululloh saw, mereka satu sama lain berlomba lomba dan berebut mati Syahid.

Pantas para Ulama Salafus Sholih satu sama lain berlomba lomba dan berebut mati Syahid.

Bagaimana dengan kita yang mengaku Umat Rasululloh saw, apakah kita juga sudah memprogram untuk berebut mati Syahid?

Ladang jihad di akhir zaman terbentang luas dan Allah swt akan selalu memberi peluang kepada hamba-hambaNya dalam rangka menyeleksi untuk mati Syahid di jalan Allah swt.

Laahaula Walaaquwwata illaa Billaah.

Hasbunalloh Wani' mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nashiir.