Sandiaga Kunjungi Lokasi Dan Korban Banjir Makassar, Warga Mengeluh Minimnya Bantuan

Sabtu, 26 Januari 2019

Faktakini.com, Makassar - Cawapres Sandiaga Uno mengunjungi korban banjir di Jalan Malangkeri, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Sandiaga mendengarkan curhat warga dan menawarkan solusi, Sabtu (26/1/2019).

Sandiaga kemudian berdiskusi dengan ratusan korban banjir di Makassar. Sandiaga juga menjawab pertanyaan warga yang mengeluh rumahnya terendam air dan minim bantuan.

Sandiaga menyampaikan rasa prihatinnya melihat kondisi banjir yang terjadi di Sulsel. "Pertama-tama, kami betul-betul merasa prihatin. Saya melihat pada saat di Jawa Barat, saudara kita di Makassar dan Gowa dan juga di beberapa kabupaten tertimpa banjir dan hari ini di Makassar. Saya minta Erik Horas berdialog bagaimana pascabencana ini bukan hanya membantu mereka tapi bagaimana menanggulangi potensi dan risiko bencana di masa mendatang," kata Sandiaga Uno di Makassar, Sabtu (26/1/2019).

Sandiaga bahkan menawarkan adanya lembaga setingkat kementerian yang fokus pada penanganan bencana di Indonesia agar lebih sigap dan siap menghadapi risiko bencana yang akan terjadi.

Menurut dia, 70 persen kesuksesan menghadapi bencana disebabkan kesiapsiagaan segenap pihak, termasuk aparat dan pemerintah.

"Prabowo-Sandi satu agenda utama karena negeri ini penuh potensi dan risiko bencana, kami akan tingkatkan kesigapan dan kesiagaan masyarakat menghadapi bencana dengan kementerian lembaga setingkat kementerian yang akan menanggulangi bencana kita. Jadi bencana banjir dan baru saja Jakarta kebakaran. Bagaimana ini sigap siaga karena 70 persen sukses kami menghadapi bencana bagaimana kesiapan dan kesigapan dari pada masyarakat, aparat dan pemerintah sebagainya," jelasnya.

Sandiaga menyebut penanganan bencana bukan hanya pada makanan dan pakaian para korban banjir. Yang utama ialah penataan kawasan permukiman warga, khususnya yang ada di bantaran sungai.

"Kami dorong hari ini mudah-mudahan dengan kunjungan ke sini bisa dapat aspirasi masyarakat apa saja dibutuhkan, bukan saja baju dan makanan, tapi membangun rumahnya, bagaimana penataan di kemudian hari," paparnya.

Oleh karena itu, Sandiaga mendorong penuh pemerintah dengan menguatkan lembaga terkait bencana, khususnya BPBD di daerah, dengan meningkatkan anggaran besar agar penanganan kebencanaan bisa tuntas.

"Karena negeri ini penuh potensi risiko, kami harus masyarakat siap siaga dan risiko sangat besar, apalagi hidup di bantaran sungai. Saya sepakat anggaran pemerintahan kuat bisa mendanai kesigapan dan kesiapan kami menghadapi bencana dini dan kalau BPBD harus betul berarti diberikan anggaran yang cukup," tutupnya.

Sumber: Detik

Posting Komentar untuk "Sandiaga Kunjungi Lokasi Dan Korban Banjir Makassar, Warga Mengeluh Minimnya Bantuan "