Apel Siaga 313, Ribuan Massa Tolak Kecurangan Pemilu Di Kantor KPU

Ahad, 31 Maret 2019

Faktakini.com, Jakarta - Ribuan massa berseragam putih menggelar aksi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Ahad pagi (31/3). Mereka mengusung tema Apel Siaga Umat 313 untuk menyikapi pemilu, di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Para peserta aksi bergantian menyampaikan orasi di atas mobil komando. Beberapa di antaranya adalah Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) KH Muhammad Al Khaththath dan Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) KH Shobri Lubis.

Sebagian peserta aksi membawa karton bertuliskan "Tolak Kecurangan Pemilu". Peserta aksi juga membagikan bunga mawar merah.

Saat jumpa pers sebelumnya pada Kamis (28/3) lalu, Kyai Al Khaththath mengatakan aksi kali ini untuk mendukung pemilu berjalan lancar tanpa kecurangan. Aksi dimulai dengan sholat shubuh berjamaah di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat.

Dia mengatakan umat Islam siap mengikuti pemilu sesuai kewajiban yang tercantum pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) hasil Ijtimak Ulama Komisi Fatwa 2009 di Padang Panjang tentang Pemilu dan Penggunaan Hak Pilih. Apel Siaga 313, menurut dia, juga sebagai aksi lanjutan dari apel yang digelar pada 1 Maret lalu di tempat yang sama.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PA 212 KH Slamet Ma'arif mengatakan aksi kali ini tidak akan diwarnai dengan tanda dukungan kepada pasangan capres-cawapres mana pun. Ia juga mengimbau kepada ormas agar mensterilkan pelaksanaan apel tersebut dari segala macam atribut dukungan.

Sumber: CNNI

Posting Komentar untuk "Apel Siaga 313, Ribuan Massa Tolak Kecurangan Pemilu Di Kantor KPU"