Di Milad Ke-1 HRS Center, Dr Abdul Chair: NKRI Dan Islam Adalah Satu Kesatuan


Rabu, 4 September 2019

Faktakini.net, Jakarta - Direktur Habib Rizieq Shihab Center (HRS Center), Dr Abdul Chair Ramadhan mengatakan, NKRI dan Islam adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Antara agama dan negara saling bersinergi dan tidak saling menegasikan.

“Tapi saling mewujudkan kepentingan-kepentingan negara yang dilindungi agama,” kata Dr Abdul Chair dalam diskusi dan Milad 1 tahun HRS Center, di Jakarta, Selasa (3/9).

Dr Abdul Chair menjelaskan, hukum agama dapat menjadi hukum negara, maka peranan Islam dalam syariat Islam dapat diperankan. Menurut dia, tidak ada hukum yang tidak adil.

“Maka keadilan jadi penelitian para ahli sehingga muncul teori-teori keadilan. Dan Islam sudah jelaskan tentang keadilan dalam Alquran dan hadis serta kitab-kitab fiqih,” ujarnya.

Ia mengatakan, telah banyak teori yang menjelaskan hukum nasional dan hukum Islam. Karena itu, HRS Center akan mempertemukan kembali antara konsep Islam sebagai agama dengan negara.

“Kami semua pada prinsipnya mendukung apa yang kawan-kawan perjuangkan, terkait dengan advokasi, bagaimana memulangkan Habib Rizieq Shihab. Dengan berbagai cara dan metode, kita terus lakukan itu,” katanya.

Dr Abdul Chair menganggap perlu dibentuk tim investigasi yang melibatkan berbagai pihak baik akademisi di hukum internasional dan praktisi di berbagai negara. Hal ini untuk menilai apa dan bagaimana permasalahan yang terjadi.

“Juga menjadi langkah konkret terhadap apa yang dihadapi Habib Rizieq di negeri orang,” katanya.

Foto: Dr Abdul Chair Ramadhan

Sumber: Indonesiainside.id