HILMI - FPI Perbaiki Rumah Dan Musholla Korban Angin Puting Beliung Di Pontianak



Sabtu, 7 September 2019

Faktakini.net, Pontianak - Hujan lebat disertai angin puting beliung melanda Kota Pontianak, Selasa 13 Agustus 2019 lalu. Musibah ini menimpa hampir di semua Kecamatan Pontianak dan sebagian wilayah di Kabupaten Kuburaya.

Pasalnya, pusaran angin tersebut telah memporak-porandakan beberapa rumah warga yang berada di sekitar wilayah Tanjung Hulu dan Desa Ampera, Kecamatan Kubu Raya.

Menyikapi hal itu, Relawan HILMI-FPI terjun menuju lokasi untuk melihat secara langsung kejadian tersebut serta mendata para korban.

Dari beberapa data yang disampaikan, musibah puting beliung tersebut merupakan yang terparah di tahun ini. Setidaknya 60hunian warga rusak bagian atapnya, lantaran terbawa pusaran angin.

Ketua HILMI, Ust. Munzir melakukan koordinasi dengan DPD FPI Kalbar, DR. Ust. Sahrani. M.pd mengenai musibah ini. Akhirnya, malam harinya diadakan rapat untuk penanganan para korban.

Hasil rapat tersebut, mewajibkan seluruh Relawan HILMI-FPI beserta sayap juang lainnya untuk segera terjun ke lokasi keesokan harinya, Rabu 14 Agustus 2019.

Sayap Juang FPI (HILMI, BAT, LPI, dan MPI) Tiba Paling Pertama Membantu Korban Angin Puting Beliung di Pontianak

Alhamdulillah, esok harinya Relawan HILMI dan FPI tiba paling pertama untuk membantu dan mengevakuasi warga dan rumah yang terkena musibah.

Berkordinasi dengan RT dan RW serta warga sekitar relawan mulai mengerjakan rumah-rumah yang terhempas angin.

Selain rumah warga, ada juga salah satu Mushola yang juga terkena dampak angin puting beliung tersebut, sehingga mengakibatkan rusaknya pondasi atap.

Dengan dana yang seadanya, HILMI membelikan bahan dan peralatan untuk memeperbaiki rumah warga yang rusak.

Akhirnya warga bersama anggota HILMI-FPI bersama-sama membangun rumah dan musholla untuk keberlangsungan beribadah.

Bantuan dari DPW FPI Pontianak sebesar Rp. 8 juta, karena beberapa anggota turun ke jalan untuk mencari sumbangan agar pekerjaan tetap berjalan sampai selesai.

“Alhamdulillah, selama kurang lebih 1 minggu HILMI dan FPI telah memeperbaiki 8 rumah warga (1 rumah guru ngaji) dan 1 Musholla. Di akhir pengeejaan ini, Relawan HILMI dan warga berkumpul di Mushollah untuk bersama sama mengucap Syukur kepada ALLAH SWT karena rumah-rumah warga telah layak ditempati kembali akibat bencana ini,” kata ustad Munzir, Ketua DPW FPI kota Pontianak.

Beberapa sayap juang dari FPI seperti HILMI, LPI, BAT serta Mujahidah yang berjumlah sekitar 18 orang turut serta membantu dan rutin ikut memperbaiki. Karena relawan dari sayap juang lainnya setidaknya mengirim 2 anggota yang terjun memperbaiki.

“Warga sangat antusias kepada FPI dan mendukung segala program yang tercipta oleh FPI. Sekarang dengan beberapa kejadian yang ada di kota Pontianak ataupun sekitarnya. Terbukti Bahwa Relawan HILMI – FPI selalu menjadi yang terdepan dan tercepat dalam penanganan aksi sosial kepada masyarakat,” tuntasnya

Berikut ini daftar nama korban yang rumahnya diperbaiki dan diberikan bantuan oleh tim HILMI – FPI :

Suwarnio : Bantuan 7 Ring Seng + 21 Keping Seng

Dedi Sutrisno : Bantuan 12 Ring seng + 12 Kasau 4 X 6

Bayu Tamin : Bantuan 26 keping Seng

Julianda : Bantuan 40 Keping Seng + Kasau 15 batang + 20 Ring Seng + 6 lampu dan instalasi

Yusran : Bantuan 70 Keping Seng + 6 Kayu Kasau + 6 Ring Seng + 3 Tiang 77 + 20 Keping Triplek + 5 lampu dan Instalasi

Nenek Da’al : Bantuan 20 Keping seng + 6 kayu Kasau + 5 lampu + Instalasi
Zubaidah : Bantuan 10 Kayu 7 7 + 20 Kayu 44 + 40 Ring Seng

Fuji Astuti : Bantuan Tenaga karena bahan logistic tuan rumah yang menyediakan untuk perbaikan

Musholla AL Luqman : Bantuan 1 Roll Kabel + Lampu dan Instalasi

Sumber: hilalmerahindonesia.com