Ayo Saksikan Film Ustadz Arifin Ilham 'Suami yang Menangis' Di Bioskop, Alvin Turut Main



Selasa, 22 Oktober 2019

Faktakini.net, Jakarta - Film Biography Ustadz Arifin Ilham berjudul 'Suami yang Menangis' dijadwalkan dirilis di bioskop pada Kamis, 5 September 2019

Film Ustadz Arifin Ilham 'Suami yang Menangis' ini digarap oleh sutradara sekaligus penulis skenario Farid Ongky, film drama-religi ini mengangkat kisah perjalanan hidup Ustadz Arifin Ilham dari kecil hingga menjadi seorang ulama besar.

Film yang berangkat dari kisah nyata ini dibintangi oleh anak sulung mendiang Ustadz Arifin Ilham, M Alvin Faiz.

Selain Alvin Faiz, film ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris lainnya seperti Betari Ayu yang memerankan tokoh Wahyuniati Al-Waliy, Ariyo Wahab sebagai Dahlan, dan Poppy Bunga sebagai Aisyah

Farid Ongky, selaku sutradara dari film ini mengaku sebelumnya terjadi pro kontra saat film ini hendak dibuat dan hendak dirilis.

Khususnya, soal adanya cerita kisah poligami yang dilakukan almarhum Arifin Ilham.

"Setelah melewati rangkaian tantangan bahkan hujatan, akhirnya film ini akan tayang pada 5 September nanti," ujarnya saat konferensi pers di Cinema XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019) yang dikutip dari Wartakotalive.com.

Ongky menegaskan bahwa film itu bukan semata untuk mempromosikan poligami yang dilakukan oleh Arifin Ilham.

"Film ini lebih ke perjalanan ustad jadi ulama besar. Kalau ada (soql) poligami di sana, ya beliau memang poligami. Tapi bukan itu yang kita tekankan. Kita hanya syiarkan bagaimana beliau menjalankan kasih sayang kepada keluarga.

"Justru di dalam film itu disampaikan bahwa poligami tisak segampang itu. Kalau tidak mampu, lebih baik punya (istri) satu saja," ungkapnya.

Sementara itu, Alvin Faiz yang berperan sebagai ayahnya, Arifin Ilham, menerangkan bahwa proses pembuatan film telah dilakukan beberapa tahun lalu saat ayahnya masih hidup.

"Jadi beliau yang mengusulkan dan mengawal proses pembuatan filmnya. Harusnya tayang tahun lalu, namun ada sejumlah revisi yang beliau minta dan saat itu beliau sakit juga," ungkap Alvin.

Film Suami Yang Menangis berisi kisah kehidupan almarhum KH Arifin Ilham yang sebelumnya dituliskan di dalam novel dengan judul sama oleh istri pertama Arifin, Wahyuniati Al-Waliy.

Namun, Ongky menyebut tidak semua isi film adalah kisah nyata karena ia telah memodifikasinya agar menjadi film yang menarik dan lebih hidup.

"Ceritanya setengah biopik setengah fiktif. Jadi ini tidak murni biopik ya," ujar Ongky.

Dilansir dari Tribunnews proses syuting film Suami Yang Menangis sudah dilakukan sejak 2 tahun yang lalu.

Saat itu, Uztaz Arifin Ilham masih hidup dan berperan sebagai dirinya sendiri dalam film. Jelang syuting, almarhum meminta Alvin Faiz, putra sulungnya untuk bergabung.

Alvin Faiz berperan sebagai Ustaz Arifin Ilham sewaktu muda di film Suami Yang Menangis.

Perjalanan hidup Ustad Arifin Ilham sedari kecil hingga perjuangannya untuk menjadi seorang ulama besar.

Penuh dengan ujian besar, mulai dipatok ular hingga koma sampai berbulan-bulan.

Dari situ juga titik awal untuk terus mendekatkan diri pada sang maha pencipta.

Kisah nyata ini diselaraskan dengan keluarga Dahlan, seorang laki-laki yang tadinya hidup susah dan bertaubat lalu dia diberikan rejeki melimpah oleh Allah SWT.

Sumber: Banjarmasinpost.co.id