Dahsyat! Tak Tertarik Koalisi Gemuk Jokowi, PKS: Kami Tak Takut Sendirian Di DPR



Senin, 21 Oktober 2019

Faktakini.net, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memang sungguh mengagumkan. PKS tidak mempermasalahkan jika menjadi satu-satunya parpol di parlemen di luar koalisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Menurut PKS, fungsi kontrol terhadap pemerintah tetap akan berjalan.

"Jadi kami tidak takut sendirian karena pada hakikatnya nanti kawan-kawan kami anggota DPR akan melakukan kritik terhadap hal-hal yang tidak sesuai dari yang seharusnya atau janji kampanye," ujar Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2019).

PKS memberikan gambaran bahwa anggota DPR yang berasal dari koalisi Jokowi juga bisa mengkritik pemerintahan. Fungsi kontrol bisa semacam menagih janji kampanye Jokowi.

"Jadi dalam sistem presidensial semacam ini seharusnya seluruh anggota DPR itu melakukan kontrol. Kalau program pemerintahnya tidak bagus, bermasalah, Anda lihat rapat-rapat di komisi semuanya begitu kritis terhadap program pemerintah," kata Wakil Ketua MPR ini.

PKS sejauh ini memutuskan di luar pemerintahan Jokowi. PKS enggan berprasangka buruk soal strategi Jokowi merangkul semua parpol.

"Saya tidak bersuudzan semacam itu," kata HNW.

Seperti diketahui, tiga partai eks rival Jokowi tengah menjajaki kemungkinan bergabung, yakni Gerindra, Partai Demokrat, dan PAN. Hanya tinggal PKS yang hingga saat ini memastikan masih konsisten tetap menjadi oposisi.

Foto: Hidayat Nur Wahid

Sumber: detik.com