FPI Kabupaten Bandung Salurkan 8 Ribu Liter Air Bersih Di Desa Ciluluk Dan Cikasungka



Sabtu, 12 Oktober 2019

Faktakini.net, Bandung - Dampak kekeringan dikabupaten bandung terus meluas, ribuan Kepala Keluarga (KK) atau sekurangnya lebih dari ratusan ribu jiwa terkena dampak kekeringan, kondisi ini menjadikan warga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga tidak banyak yang bisa dilakukan warga selain menunggu bantuan dari pemerintah maupun lainnya.

Kekeringan terparah berada di area pesawahan dan pemukiman di Desa Ciluluk, dan Desa Cikasungka. Warga mengatakan kekeringan secara bertahap meluas sejak Mei lalu hingga saat ini atau kurang lebih 6 bulan terakhir.

Banyaknya warga yang terdampak bencana kekeringan menjadi alasan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk menetapkan peningkatan status siaga menjadi tanggap darurat bencana kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Keputusan ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin langsung Bupati Bandung bersama perangkat daerah terkait dan pihak lainnya, Selasa (8/10/2019).

Menaggapi kondisi bencana kekeringan ini HILMI FPI bersama DPC FPI Cikancung mengirimkan 2 mobil tangki air bersih dengan kapasitas tangki 8 ribu liter setiap mobilnya dan langsung diserahkan kepada warga sindang sari desa ciluluk kec. Cikancung dan Desa Cikasungka pada Jum’at (11/10/19).

Kedatangan mobil tangki air bersih tersebut disambut antusias oleh warga sekitar, drigen-drigen kosong disusun rapih membentuk barisan menunggu giliran agar dapat diisi oleh relawan FPI, kemudian dipikul untuk memenuhi kebutuhan air di rumahnya.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh warga sindang sari dengan adanya bantuan air bersih yang disampaikan HILMI FPI dapat memgurangi beban masyarakat akibat kekeringan yang melanda warga selama 6 bulan terakhir, dan juga warga mendoakan agar HILMI FPI semakin maju agar selalu hadir ditengah mereka yang membutuhkan.

Kedepan HILMI FPI akan terus bekerjasama dengan DPC FPI diberbagai wilayah kabupaten bandung untuk menyalurkan bantuan air bersih kepada warga yang terdampak bencana kekeringan.

Sumber: HILMI - FPI