Habib Idrus Alhabsyi: Empat Pokok Bekal Bagi Para Da'i Dalam Berjuang Dan Berdakwah



Jum'at, 11 Oktober 2019

Faktakini.net

Empat pokok bekal bagi para da'i dlm berjuang dalam berda'wah

Oleh: Sayyid Idrus bin Ali al Habsyi S.Fil, i (Ketua Lembaga Da'wah DPP FPI)

Di dalam al Qur'an Surat al Insan ayat 23-26. Allah SWT memberikan tuntunan dan energi yg diperlukan oleh  Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi berbagai macam tantangan yg di hadapi dalam berda'wah. (Sesungguhnya kami telah menurunkan al Qur'an kepadamu dgn berangsur angsur, maka bersabarlah kamu (utk melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu mengikuti orang yg berdosa dan orang yg kafir diantara mereka. Dan sebutlah nama Tuhanmu pada waktu pagi dan petang dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepadanya dan bertasbilah kepadanya pada bagian yg panjang di malam hari. QS al Insan 23-26). 

Ayat diatas menurut Sayid Quthub, memuat empat pokok kebenaran yg merupakan tuntutan Tuhan kpd Nabi Muhamnad SAW dan para da'i sesudahnya. Dari ayat tersebut ada empat pokok kebenaran yang bisa menjadi bekal dalam berda'wah

PERTAMA: Bahwa Nabi Muhammad SAW perlu menyadari bahwa Allah SWT yg menurunkan kepadanya al Qur'an dan memberikan tugas dan kewajiban da'wah. Allah SWT tidak akan membiarkan Nabi Muhammad SAW tanpa dukungan dan pertolobgan. Untuk itu beliau harus selalu optimis dan tidak boleh sedikitpun ragu dan putus asa dalam menyampaikan ajaran Allah SWT. Dan ini juga harus di renungkan oleh para da'i bahwa Allah pasti menolong mereka dalam menyebarkan dan menegakkan Agama Allah SWT, sebagaimana dalan surat Muhammad ayat 7 (jika kalian menolong Agama Allah. Allah pasti menolong kalian.)

KEDUA: bahwa dalam melaksanakan tugas , nabi menghadapi tantangan yg sungguh amat berat baik berupa ejekan, fitnah, hujatan bahkan teor mau di bunuh. Maka untuk itu Allah SWT meminta agar Nabi sabar dan tetap memegang teguh kebenaran al Qur'an. Oleh karena itu para da'i juga harus sabar dlm menghadapi tantangan dalam da'wah, dan tetap istiqomah dalam menyampaikan ajaran Allah dan Rasul nya

KETIGA: Bahwa Nabi tidak boleh tunduk patuh kepada kemauan orang orang kafir dan orang2 yg banyak beruat dosa. Mereka selalu berusaha membujuk hati nabi, agar nabi mau berdamai dgn mereka. Seperti mereka menawarkan harta agar nabi tidak lagi menyampaikan Agama Islam atau Nabi mau mengakui kebenaran ajaran mereka. Tapi alhamdulillah semua tawaran orang2 kafir tersebut di tolak oleh Rasulullah SAW. Dan ini juga harus di ikuti oleh para da'i agar tetap istiqomah jangan mau di beli dan menggadaikan kebenaran.

KEEMPAT: dalam ayat tersebut Allah SWT memerintahkan Nabi harus memperbanyak ibadah, zikir mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ini adalah bekal utk kita ingin mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.