Keras! Peringati Menag Fachrul Razi, Tokoh NU Jogja: Jika Lukai NU, Kau Dipecat Jokowi!


Jum'at, 25 Oktober 2019

Faktakini.net, Yogyakarta - Jabatan Menteri Agama (Menag) dalam Kabinet Indonesia Maju tak lagi diisi dari kalangan NU seperti periode sebelumnya. Presiden Jokowi saat ini lebih memilih dan mempercayai orang diluar NU yaitu Fachrul Razi sebagai Menteri Agama RI.

Fachrul yang pernah menjabat sebagai Wakil Panglima TNI memang bukan kader NU. Fachrul Razi adalah Ketua Tim Bravo 5, yaitu tim relawan purnawirawan TNI untuk Jokowi di Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

Wakil Ketua PWNU DIY yang juga Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, Purwo Santoso mengingatkan Fachrul untuk tidak menyakiti NU.

Purwo menjelaskan ke depan kolaborasi antara menag dengan NU adalah keniscayaan yang tidak bisa terhindarkan.

Namun dia mewanti-wanti Fachrul agar tidak menggunakan kekuatan politik NU untuk kebutuhan diri sendiri.

“Kalau si tentara ini (Fachrul) memposisikan kebutuhannya untuk bergandengan atau menggunakan kekuatan politik NU, ya, kalau dia tidak bisa pintar begitu, malah dia dihajar presiden,” kata Purwo saat dihubungi kumparan, Kamis (24/10/2019).

“Jadi kalau dia, sudahlah mengejutkan (ditunjuk jadi Menag) lalu yang dilakukan melukai, justru membuat NU semakin tidak nyaman. Dia akan dipecat oleh presiden karena tidak perform sebagai menteri agama. Artinya keniscayaan berkerja kolaborasi dengan NU itu tidak ada pilihan,” ujar Purwo.

Dia mengingatkan kepada Fachrul agar tidak membawa lagi atribut militernya ketika bertugas sebagai menteri agama. Lanjutnya, NU dari dahulu tetaplah NU yang selalu melakukan apa yang biasa dilakukan NU, tidak mencari pamrih.

“Hanya ketika ada move yang tidak terkomunikasikan sejak awal dan kemudian orang yang ditampilkan mengejutkan paling tidak yang perlu waktu saling duduk bersama,” ujar Purwo.

Foto: Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, Purwo Santoso.
Foto: Dok. UGM

Sumber: kumparan.com