Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru Bantu FPI Bersihkan Riau Dari Asap


Selasa, 15 Oktober 2019

Faktakini.net, Pekanbaru - Jarak tempuh yang jauh, medan yang sulit dilalui, bahaya yang mengancam tidak menyurutkan langkah 30 orang relawan dari Mahasiswa Keperawatan Universitas Abdurrab Pekanbaru, bersama relawan HILMI-FPI Riau untuk turun tangan untuk membantu mengatasi karhutla yang masih menyisahkan masalah polusi asap. Minggu (13/10/19)

Dengan ditemani oleh 3 orang dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), dan seorang Bhabinkamtibmas, mereka bekerja melakukan pendinginan lahan.

Membuka jalan baru, mencari sumber air yang tidak jauh dari titik kebakaran juga mengatur jalur slang panjang yang terus mengikuti gerak langkah mereka. Begitulah gambaran pengorbanan mereka dalam menunjukkan kepeduliannya untuk membersihkan udara kota Riau.

“Karena rasa kepedulian maka Jiwa dan hati kami terpanggil, ngak tahan juga kena asap terus akibat Karhutla” ujar Fikri salah satu relawan mahasiswa.

Belum lama ini lahan seluas lebih dari dua hektare yang terletak di Pekanbaru, Riau, dilalap si jago merah. Kuat dugaan, lahan gambut yang ditumbuhi semak belukar itu dibakar dengan sengaja.

Walaupun hukuman yang diterima tidak main-main, dua belas tahun kurungan penjara atau denda sebesar dua belas miliar, akan tetapi kasus pembakaran hutan masih saja terjadi setiap tahunnya.

Saat ini meski api sudah terlihat padam, namun penyiraman dengan air masih harus tetap dilakukan. Tujuannya, untuk melakukan pendinginan agar suhu panas yang berada di bawah permukaan tanah tak kembali menjadi titik api dan membakar lahan itu lagi. mengingat musim kemarau akan panjang, maka proses pendinginan harus tetap dilakukan.

“Kami mulai bekerja dari jam 10 pagi hingga sore hari. Saat selesai kita semua shalat asar berjamaah. Saat sedang shalat sudah terasa rintik hujan, kemudia kira-kira jam 4 sore hujan turun deras dan baru reda sekitar jam 5 sore. Alhamdulillah, semoga itu pertanda baik dari Allah SWT yang meridhoi kerja kami” demikian laporan dari tim HILMI FPI Riau.

Sumber: HILMI - FPI

1 komentar untuk "Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru Bantu FPI Bersihkan Riau Dari Asap "


  1. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus