Memelihara Domba / Kambing Untuk Ketahanan Pangan Dan Fisik Serta Persiapan Akhir Zaman



Kamis, 31 Oktober 2019

Faktakini.net

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*MEMELIHARA DOMBA/KAMBING Untuk KETAHANAN PANGAN, KETAHANAN FISIK, dan PERSIAPAN AKHIR ZAMAN*

Menurut Ensiklopedi Wikipedia, kambing dapat menjadi sebuah solusi permasalahan ketahanan pangan global karena mudah dipelihara. 
Terkait ketahanan fisik, budaya memelihara kambing di bukit dan lembah yg diterapkan sejak masa kanak-kanak hingga remaja/dewasa akan menghasilkan generasi yang memiliki ketahanan fisik yang baik. Budaya minum susu kambing dan kevir yang dihasilkan dari fermentasi susu kambing  akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi kesehatan jasmani generasi umat. 

Terkait persiapan akhir zaman, diriwayatkan hadits Nabi Saw. Sbb:

*Dari Abu Sa‘id Al-Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda:*
يُوشِكُ أَنْ يَكُوْنَ خَيْرَ مَالِ المُسْلِمِ غَنَمٌ يَتْبَعُ بِهَا شَعَفَ الجِبَالِ وَمَوَاقِعَ القَطْرِ، يَفِرُّ بِدِيْنِهِ مِنَ الفِتَنِ
_Hampir-hampir harta paling baik yang dimiliki seorang muslim adalah kambing yang dia bawa ke puncak gunung dan tempat-tempat turunnya hujan. Dia membawa lari dinnya dari fitnah._
(HR.Al-Bukhari, Shahîh Al-Bukhâri, kitab Al-Fitan, hadits no. 7088.)

*Dari Abu Hurairah R.A. dari Rasulullah SAW, beliau bersabda :* _“Termasuk penghidupan manusia yang terbaik, adalah seorang laki-laki yang memegang kendali kudanya di jalan Allah. Dia terbang diatasnya (dia menaikinya dengan jalan yang cepat). Setiap mendengar panggilan perang dia terbang diatasnya dengan bersemangat untuk mencari kematian dengan jalan terbunuh (dalam keadaan syahid) atau mati biasa.  Atau seorang laki-laki yang menggembala domba di puncak gunung dari atas gunung ini atau lembah dari beberapa lembah. Dia mendirikan sholat, memberikan zakat dan menyembah kepada Tuhannya hingga kematian datang kepadanya. Dia tidak mengganggu kepada manusia, dan hanya berbuat baik kepada mereka.”_ (H.R. Muslim).

Berdasarkan dua hadits sahih tersebut kita menjadi faham  bahwa domba/kambing adalah harta muslim terbaik dan menggembalakannya adalah penghidupan terbaik setelah berjihad. Hal ini antara lain juga bisa difahami dari manfaat atau kegunaan kambing/domba tersebut. Bila kambing/domba tidak ada, dengan apa muslim mebayar dam-nya ?, dengan apa dia ber-aqiqah ? dengan apa dia ber-qurban ?

Syariat Islam, syariat Allah Yang Maha Kuasa, Tuhan Yang Maha Esa, akan terus tegak di muka bumi sampai akhir zaman, maka memelihara sarana untuk penegakannya – antara lain seperti memelihara ketersediaan kambing/domba tersebut – menjadi salah satu pekerjaan terbaik di muka bumi sampai akhir jaman.

*HIMBAUAN MORAL:*

Setelah memahami urgensi pemeliharaan domba/kambing untuk membangun ketahanan pangan dan ketahanan fisik generasi umat, juga untuk mengantisipasi fitnah kehidupan akhir zaman, maka *TUGAS KITA adalah mempersiapkan generasi umat yang siap terjun dalam bisnis pemeliharaan domba/kambing di lereng-lereng gunung dan lembah-lembah dan juga mempersiapkan investasi umat dalam bisnis yang mulia dan mengikuti sunnah Nabi Saw. Ini*.  

Apakah saudara-saudara siap ikut serta ambil bagian dalam urusan ini? Semoga Allah SWT menolong dan meridloi kita. Aamiin! 

*Jakarta, 31 Okt 2019.*
*Komunitas Cinta Umat*.