Pengeboran Paku Bumi Proyek KA Cepat Jakarta - Bandung Bikin Pipa Pertamina Terbakar Hebat




Selasa, 22 Oktober 2019

Faktakini.net, Bandung - Pipa bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina terbakar di Jalan Mancong RW 01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (22/10/2019). Dugaan sementara, pipa ini pecah terkena proyek pengerjaan pekerjaan proyek Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) yang sedang dalam proses pemasangan tiang pancang atau paku bumi.

Komandan Regu (Danru) I Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi, Indrahadi mengatakan, kebakaran pertama kali dilihat warga pukul 14.00 WIB. Api membumbung tinggi disertai kepulan asap hitam pekat.

"Ya memang betul ada pipa minyak yang terbakar. Ini kategori kebakaran besar dan sedang dalam penanganan," ujapnya, Selasa (22/10/2019).

Kebakaran yang sangat besar membuat sejumlah armada pemadam kebakaran (damkar) dari beberapa wilayah terdekat ikut membantu proses pemadaman dan datang ke lokasi kejadian. Sementara Damkar Cimahi mengerahkan lima armada pancar dan dua mobil rescue.

"Personel kami sudah menanganinya. Proses pemadaman tidak mudah karena besarnya kobaran api yang menyulitkan petugas mendekat ke sumber kebakaran. Kami kerahkan lima armada dan dua mobil rescue,” katanya.

Seorang saksi Dadang Suhendra (45) mengatakan, sebelum api menyala terdengar ada ledakan cukup kencang di proyek trase kereta cepat Jakarta-Bandung tersebut. Di bawah lokasi proyek kereta cepat itu memang terdapat pipa minyak milik Pertamina. Saat terjadi kebakaran banyak pekerja yang berlarian untuk menghindari api.

"Itu di lokasi sepertinya ada pengerjaan pengeboran. Saya lagi ngobrol dan lihat pekerja pada lari pas api muncul karena terdengar ledakan," katanya.

Menurutnya, jarak antara titik kebakaran dengan permukiman sekitar 100 meter sehingga banyak warga yang menghindar untuk menyelamatkan diri. Warga juga khawatir jika api terus membesar karena embusan angin di lokasi kejadian sangat kencang.

"Warga sudah diminta untuk mengungsi dan tidak boleh mendekat ke lokasi," ucapnya.

Pantauan hingga pukul 15.00 WIB, api masih menyala dan belum dapat dikendalikan petugas damkar. Kebakaran pipa minyak yang tepat berada di pinggir jalan tol ini juga mengakibatkan arus kendaraan di Tol Purbaleunyi mengalami macet total khususnya yang mengarah ke Cileunyi. Lajur jalan yang tepat bersebelahan dengan sumber kebakaran ditutup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber: inews.id