Dihadiri Wakil Ketua MPR, Milad Ke-3 BJB 411 Di Rawajati Sukses Dan Penuh Berkah


Sabtu, 9 November 2019

Faktakini.net, Jakarta - Tak terasa, sudah tiga tahun usia Brigade Jawara Betawi 411 (BJB 411). BJB 411 adalah Ormas yang lahir

Dan hari ini, ormas kebanggaan warga Betawi dan umat Islam ini mengadakan perayaan Milad BJB 411 yang ke-3, yang dipusatkan di Lapangan Belalang, Rawajati, Pancoran Jakarta Selatan.

Sebagai pembuka dalam Rangka Milad BJB yang ke-3 ini, diawali dengan
Kirab Merah Putih sepanjang 100 meter oleh para Jawara dan masyarakat dari berbagai sanggar yang hadir di Acara Milad BJB yang ke-3 ini, dengan Rute mulai depan Mall Kalibata sampai Ke Lokasi Acara di Lapangan Belalang - Rawajati - Pancoran - Jakarta Selatan.

Warga masyarakat di sepanjang jalan yang dilalui menyambut dengan sangat antusias kirab Merah Putih ini.

Kirab bendera Merah Putih ini menunjukkan tak hanya cinta Islam dan nilai-nilai budaya Betawi, para Jawara BJB 411 juga memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dan cinta NKRI, Masya Allah..

Pembukaan sambutan pada acara Milad ini dilakukan oleh Panglima Jawara Haji Cacang dan Ketua Panitia Acara Bang Latief Sohibul Wilayah Korwil Jakarta Selatan

Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Wakil Ketua MPR RI Haji Hidayat Nur Wahid.

Acara Milad BJB 411 yang ke-3 ini dihadiri oleh para pengurus dan anggota BJB 411, Jawara Betawi dari berbagai sanggar, Ulama, Habaib, Tokoh Masyarakat dan ribuan umat.

Brigade Jawara Betawi 411 Ormas yang didirikan oleh Haji Basir Bustomi ini memiliki visi meraih keberkahan dan keridhoan Allah dan misinya Bela Agama, Jaga Ulama dan Jaga Kampung ini didirikan oleh Jawara Betawi, para Ulama, dan Habaib.

Selepas Aksi Bela Islam I, pada 14 Oktober 2016 di depan Bareskrim, Polda Metro Jaya, beberapa hari kemudian dilanjutkan pertemuan antara Jawara Betawi dan Ulama untuk mengajukan keinginan membuat acara Tabligh Akbar Jawara dan Ulama.

Namun atas saran dari Habib Muchsin Zeid Alatas Imam FPI DKI, Jawara Betawi diminta berpartisipasi dalam Aksi Bela Islam ke-2 pada 4 November 2016. Setelah diskusi, Jawara Betawi bersepakat ikut berpartisipasi dalam Aksi Bela Islam II tanggal 4 November 2016.

Untuk mempersiapkan aksi, terlebih dahulu diadakan Apel Siaga Jawara Betawi pada tanggal 29 Oktober 2016 di Taman Wiladatika Cibubur. Di Cibubur ini, para Jawara Betawi berkumpul bersilaturahim atas panggilan untuk Bela Agama dan Ulama dengan acara atraksi Jurus masing-masing perguruan silat Betawi se-Jabotabek dan Siap ikut Aksi Bela Islam ke-2.

Pada 4 November 2016, para Jawara Betawi bergerak mengawal dan mengamankan para ulama dalam aksi Bela Islam ke-2 di depan Istana Negara. Para Jawara betawi dalam aksi ini berada di garda terdepan. Pada momen inilah Brigade Jawara Betawi 411 lahir dan bersatu dengan Ulama. Ketika itu, para Jawara Betawi bersama umat Islam ditembaki gas air mata di depan Istana. Untuk mengenang peristiwa ini, maka para Jawara Betawi bersepakat menamakan wadah ini Brigade Jawara Betawi 411.

Awalnya ada BJB 411 terdiri 30 perguruan maen pukul Betawi dan saat pendirian pertama hampir 60 Jawara Betawi yang hadir di rumah Habib Muchsin Zeid Al Athos. Saat ini BJB 411 telah memiliki 10 koordinator wilayah (Korwil) yang ada Jabodetabek. Korwil itu berada Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Bekasi Raya, Depok,Bogor, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang.

Sekarang BJB 411 menaungi 156 Perguruan /Sanggar Maen Pukul Betawi, dengan jenis Aliran Beladiri hampir 60 macam.Berbeda aliran Beladiri Maen Pukul dan berbeda warna pangsi tapi tetap satu komando dalam wadah BJB 411.




Klik video: