Dunia Takjub! Di Tangan Anies, Investasi DKI Capai Titik Tertinggi Dalam Sejarah



Sabtu, 9 November 2019

Faktakini.net, Jakarta - Jangankan warga Jakarta, warga masyarakat dunia pun pasti takjub dan kagum pada prestasi luar biasa yang ditorehkan oleh Gubernur DKI Jakarta Haji Anies Rasyid Baswedan.

Gubernur pilihan Ulama dan Habaib ini benar-benar anugerah besar yang Allah berikan untuk warga Jakarta. Prestasi luar biasa Anies sungguh berbeda jauh dengan Ahok yang minim prestasi.

Realisasi investasi di DKI Jakarta pada Triwulan III Tahun 2019 tercatat mencapai titik tertinggi dalam sejarah penanaman modal di ibu kota. Pada triwulan ini, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) berhasil menembus Rp41,1 triliun.

“Angka ini merupakan tertinggi dalam sejarah realisasi investasi DKI Jakarta per triwulan,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra, Kamis (7/11).

Realisasi investasi Provinsi DKI Jakarta pada Triwulan III tahun ini meningkat 56,9 % dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Terdiri dari realisasi PMDN sebesar Rp15 triliun dengan 708 proyek dan realisasi PMA sebesar Rp26,1 triliun dengan 2.552 proyek.

Benni menjelaskan, berbagai program dan kebijakan Gubernur Anies Rasyid Baswedan, menjadikan DKI Jakarta sebagai primadona bagi para investor. Visi ’Wajah Baru Jakarta’ yang berbakti, berhati, berkolaborasi dan merangkul, juga diterapkan dalam kebijakan penanaman modal dan kemudahan perizinan di Jakarta.

Adapun fokus kegiatan strategis daerah penanaman modal dan kemudahan perizinan tersebut, antara lain pengoptimalisasian Jakarta Investment Centre (JIC), perbaikan peringkat kemudahan berusaha (ease of doing business). Soal EoB, Jakarta berkontribusi sebesar 78% dalam penilaian World Bank.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia telah merilis data realisasi investasi PMDN dan PMA pada Triwulan III mencapai Rp. 205,7 triliun. DKI Jakarta tercatat sebagai provinsi dengan realisasi terbesar.

Kemudian disusul Jawa Barat (Rp 33,4 triliun, 16,2%), Jawa Timur (Rp 14,8 triliun, 7,2%), Riau (Rp 13,1 triliun, 6,4%), dan Jawa Tengah (Rp 11,1triliun, 5,4%). Berdasarkan data tersebut, realisasi investasi di DKI Jakarta menjadi perolehan terbesar dalam sejarah realisasi investasi per triwulan. (*/Dry)

Foto: Gubernur DKI Anies Baswedan

Sumber: indonesiainside.id