Banjir Parah Landa Bandung, 3 Ribu Rumah Terendam Di Dayeuhkolot, Tinggi Banjir Capai 2 Meter



Rabu, 29 Januari 2020

Faktakini.net, Jakarta - Genangan banjir akibat meluapnya sungai Citarum semakin meluas. Ada sekitar 3.000 rumah yang masih tergenang dengan ketinggian mencapai dua meter.

Setidaknya ada delapan RW di Desa Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) yang terendam air hingga setinggi dua meter. Untuk beraktivitas, warga menggunakan perahu.

"Ada delapan RW yang terendam," kata Kepala Desa Dayeuhkolot, Yayan, Senin (27/1/2020).

Yayan mengatakan warga mengungsi di masjid maupun posko-posko yang sudah disediakan. Meski demikian, Yayan mengatakan sebagian besar masih bertahan di rumahnya masing-masing.

"Sebagian besar masih bertahan di rumah," ucap Yayan.

Seperti diketahui, merendam lima kecamatan di Kabupaten Bandung. Masing-masing kecamatan yakni Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Rancaekek, dan Kecamatan Majalaya.

Jumlah rumah terendam banjir di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, dan Rancaekek mencapai 6.404 KK atau 20.837 jiwa.

BPBD Provinsi Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Bandung telah menerjunkan Tim BPBD siaga di Posko Baleendah. BPBD juga menyiapkan sejumlah perahu karet empat unit, perahu fiber tujuh unit, dan perahu alminium tiga unit.

Sekedar informasi FPI Jabar dan seluruh jajaran dibawahnya peduli dan sigap memberikan bantuan untuk para korban banjir.

Pada hari Senin (27/1/2020) dengan menggunakan perahu karet para Relawan HILMI - FPI Jabar membagikan makanan siap saji kepada para korban banjir di Desa Andir, Baleendah. Para warga RW 09 Desa Andir begitu antusias menerima pembagian makanan berupa nasi dari para Relawan FPI itu, dan banyak lagi bantuan dari Relawan FPI lainnya.

Foto: Banjir di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Senin (27/1/2020) (Foto:iNews/Saufaat)

Sumber: inews.id