Terkait Pemecatan Dirjen Imigrasi Ronny Sompie, Ketua AAB: Harusnya Yasonna Yang Mundur



Rabu, 29 Januari 2020

Faktakini.net, Jakarta - Ketua Aliansi Anak Bangsa (AAB), Damai Hari Lubis melontarkan pendapat terkait dicopotnya Ronny F Sompie dari jabatannya oleh Menkumham Yasona H Laolly. Pemberhentian tersebut, diklaim Yasona untuk menghindari konflik kepentingan.

Yasonna kemudian menunjuk Jhony Ginting Jadi Pelaksana Harian Dirjen Imigrasi.

Damai Lubis memberikan pernyataan keras terkait pemecatan tersebut, dan menyatakan seharusnya justru Yasonna selalu Menkumham yang harus mundur atau diberhentikan oleh Presiden.

"Oleh karena informasi RS ke menkumham terkait Tersangka suap / korupsi Harun Masiku 'masih berada diluar negeri' , ternyata tidak benar. Menurut pendapat saya itu hanya buang salah alias RS dikorbankan", ujar Damai Hari Lubis melalui pernyataan tertulis yang diterima Redaksi Faktakini.net

"Karena kalau itu yang terjadi seharusnya Menkumham sadar dan sebaiknya mundur atau diberhentikan oleh Presiden. Karena sebagai pimpinan mesti ikut bertanggung jawab. Oleh sebab YL sebagai pimpinan tidak mampu dlm memberikan arahan-arahan atau langkah2 kepada bawahannya ( koordinasi ) . Ditambah beliau juga melanggar tupoksinya sebagai menkumham, karena ikut terang2an mengadvokasi terkait adanya dugaan pelaku korupsi seorang oknum, saat KPK melakukan penyidikan", ujarnya.