(Video) Desa Sempol Dilanda Banjir Bandang, Relawan FPI Bondowoso Sigap Bersihkan Lumpur Di Rumah Warga



Rabu, 29 Januari 2020

Faktakini.net, Bondowoso – Hari ini, Rabu (29/1/2020) banjir bandang menerjang Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sekitar pukul 13.00 WIB.

Banjir tersebut menerjang kecamatan yang berbatasan dengan Banyuwangi tersebut.

Namun alhamdulillah pada sore harinya para Relawan FPI Bondowoso dengan sigap langsung membersihkan lumpur sisa banjir di rumah-rumah warga.

Selain itu para Relawan FPI Bondowoso pun telah bersiap untuk segera menyalurkan bantuan untuk para korban musibah banjir bandang ini.

Koordinator sementara di lokasi adalah Ustadz Bagus, Sekretaris DPW FPI Bondowoso, yang memimpin sekitar 15 orang laskar.

Proses evakuasi sementara dihentikan, dilanjutkan besok pagi. Para korban terdampak mengungsi kerumah sanak saudara. sementara posko bencana belum didirikan. korban luka 4 orang. rumah rusak parah 20 lebih. titik terparah di dusun kampung baru.

kebutuhan yg mendesak untuk para korban : baju layak pakai, selimut, kasur, peralat bersih bersih

Sebelumnya Kepala Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo mengatakan banjir bandang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB dan ketinggian air mencapai 60 cm.

"Ketinggian air genangan yang bercampur lumpur setinggi kurang lebih 60 cm," kata Agus Wibowo sebagaimana dikutip dari laman resmi BNPB.

Menurut Agus, banjir bandang ini disebabkan oleh hujan dengan itensitas tinggi di wilayah Pegunungan Ijen.

Pantauan sementara BPBD setempat menyebutkan bahwa kebakaran hutan dan lahan (karthutla) 2019 lalu di wilayah hulu atau pegunungan Ijen menjadi faktor kejadian banjir bandang tersebut.

Akibat banjir ini, BPBD mencatat sebanyak 200 keluarga terdampak banjir dan mereka mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat terdekat.

Sementara di akun twitternya, Agus Wibowo menyebut selain menyebabkan 200 KK terdampak, banjir juga membuat 2 orang luka ringan dan 1 lansia dirawat di Puskesmas.

Klik video: