(Video) Kiprah Relawan FPI Karawang Bantu Korban Banjir Akibat Meluapnya Sungai Cilamaya




Rabu, 29 Januari 2020

Faktakini.net, Jakarta - Telah terjadi banjir yang di tiga Dusun diKecamatan Cilamaya, diantaranya Dusun Ondang, yang berada di Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akibat hujan deras sejak kamis siang hingga jum’at pagi (10/1/2020).

Ketinggian air meluap dari sungai Cilamaya karena dibukanya pintu air digurubuk yang mengakibatkan air menerjang jalan serta ribuan rumah warga. Selain Dusun Ondang, Dusun Cipancu, dan Dusun Ondang 2 juga terdampak akibat banjir bandang tersebut.

Laskar FPI Karawang yang telah diintruksikan siap siaga akhirnya pun diturunkan oleh Ustadz Cahya selaku Ketua DPC FPI Cilamaya Kulon.

Sekitar Pukul 03:00 Wib dini hari mereka langsung turun dan mengevakuasi warga serta beberapa peralatan dan perabotan rumah ke Mesjid yang terhindar dari dampak banjir dengan menggunakan perahu karet yang dipinjamkan oleh kepolisian setempat.

“Alhamdulillah tidak ada rumah yang rusak, hujan sudah mulai sedikit reda, meski kondisi masih banjir, yang menjadi kekhawatiran bilamana pintu air gurubuk kembali ditutup, tanggul yang digunakan untuk antisipasi meluapnya air akan jebol dan membanjiri rumah warga, sedangkan apabila pintu air dibuka debit air yang masuk tidak ke kontrol ke warga berlimpah, meski keduanya berdampak yang sama, maka warga lebih memilih untuk dibukanya pintu air untuk mengurangi resiko jebolnya tanggul,” kaya Yayan Mulyana Ketua DPW HILMI Karawang.

Bantuan pun berdatangan, baik dari BNPB, Damkar, Koramil serta relawan dari berbagai elemen ke warga.

Narasumber : Ketua HILMI-FPI Karawang, Yayan Mulyana, HILMI - FPI