Habib Idrus Bin Ali Alhabsyi: Fakta Ilmiah Dalam Wudhu



Sabtu, 7 Maret 2020

Faktakini.net

FAKTA ILMIAH DALAM IBADAH WUDHU. (Habib Idrus bin Ali al Habsyi S.Fil,i
/ Ketua Lembaga Da'wah DPP FPI)

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa wudhu hanya ibadah yg menjadi syarat sahnya sholat. Padahal terdapat banyak keutamaan dan manfaat wudhu bagi kesehatan dan sebagai pencegahan berbagai penyakit.

Pertama: Wudhu bs berfungsi sebagai terapi para pakar kesehatan menyebutkan, wudhu sebagai terapi utk menyehatkan pikiran dan tubuh. Seorang pakar psikiater dan pakar neurologi asal Austria yg bernama Leopold Werner Von Ehrenfels, akhirnya masuk Islam dan mengganti namanya menjadi Baron Omar Rolf Ehrenfels. Dia menemukan fakta ilmiah bahwa pusat2 saraf yg paling peka dari tubuh manusia berada di bagian dahi, tangan dan kaki, pusat2 saraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar. Dengan senantiasa membasuh air segar pada pusat2 saraf tersebut berarti memelihara kesehatan dan keselarasan pusat saraf. Pada organ2 tubuh tersebut juga terdapat ratusan titik akupuntur yg bersifat reseptor terhadap stimulus berupa basuhan, gosokan, usapan dan tekanan atau urutan ketika berwudhu.

Kedua: Wudhu juga bs menjadi terapi ketika seseorang sedang marah. Rasul Saw bersabda: sesungguhnya kemarahan itu dari syetan dan syetan tercipta dari api dan sesungguhnya api dapat dipadamkan dgn air, jika diantara kalian sedang marah maka berwudhulah).

KETIGA: Wudhu sebagai antiaging. Beberapa studi mengungkapkan bahwa wudhu dpt mencegah kulit keriput, menghilangkan flek hitam, mempertahankan keremajaan kulit dan menghaluskan pipi. Kelembapan kulit harus terus dijaga karena berpengaruh pada sirkulasi darah. Apabila sirkulasi darah tdk lancar maka kulit bs kekurangan nutrisi dan menyebapkan kulit kering. Normalnya kita harus mencuci muka setidaknya 2-3 kali sehari utk menjaga kelembapan kulit, terutama pada bagian wajah

KEEMPAT: Di dalam wudhu kita di Sunnahkan berkumur kumur, mulut merupakan salah satu organ utama bagi manusia. Melalui mulut semua makanan masuk termasuk kemungkinan masuknya berbagai bakteri dan kuman, bakteri dan kuman bs masuk ke perut dan menyebabkan berbagai penyakit. Namun dgn kita berkumur kumur mulut menjadi bersih dan terhindar dari sisa sisa makanan yg dapat menimbulkan bakteri dan kuman di mulut.