Habib Idrus Bin Ali Alhabsyi: Hakekat Dan Hikmah Sholat



Sabtu, 14 Maret 2020

Faktakini.net

Hakekat & Hikmah Sholat

(Sayyid Idrus bin Ali al Habsyi S.Fil, i / Ketua DPP Lembaga Da'wah Front)

Arti sholat dlm bahasa: Doa.
Arti dalam syariat Sholat yaitu perkataan-perkataan, perbuatan-perbuatan yang di khususkan yang dibuka dgn takbiratul ihram dan diakhiri dgn salam (kitab fathul mu'in).

Jadi sholat itu tdk hanya sekedar perkataan atau perbuatan saja, tapi perkataan2 maupun gerakan2 dalam sholat itu mengandung doa doa kita kepada Allah sebagai bentuk penghambaan kita kpd Allah, agar harapan2 kita di kabulkan oleh Allah, karena Allah tempat menggantungkan harapan kita. Oleh karena itu kita harus tau subtansi sholat itu. Subtansi sholat yaitu

1. Penghormatan: penghormatan kita kpd Allah baik secara hati, perkataan maupun perbuatan kita.Oleh karena itu kita harus jaga hati, perkataan maupun perbuatan kita dari hal2 yg dapat membuat Allah murka

 2 Pengharapan: kalau harapan kt mau di kabulkan Allah. Maka berbuatlah baik kpd sesama dan saling tolong menolong kpd sesama dlm hal kebaikan yg disitu ada ridho Allah.

Banyak orang yg sholat, tapi dia lupa makna dan subtansi sholat yg tadi di sebutkan diatas. Oleh karena itu Allah katakan dlm surat al-Ma'un ayat 4-5 " celakalah bagi orang2 yg sholat, yaitu mereka yang lupa dari sholat mereka" Maksud celaka disini adalah orang yang cuman sholat tapi masih tetap melakukan hal hal yang di haramkan Allah SWT. Padahal Allah menjamin sesungguhnya sholat itu dapat mencegah diri seseorang dari perbuatan keburukan dan kemunkaran (Q.S al Ankabut: 45) di ayat tersebut kata sholat itu memakai hurul alif dan lam yg artinya dlm ilmu nahwu yaitu isim ma'rifat. Ini menandakan Allah menyuruh sholat tdk hanya sekedar sholat, tapi kita harus tau makna sholat dan ke khusuan kita dalam mengerjakan sholat.

Hikmah & tujuan Sholat

1. Sebagai bentuk pengakuan bahwa kita adalah seorang hamba Allah (Q.S. Thoha : 14

2. Supaya kita menjadi hamba yang bahagia (Q.S. al Mu'minun : 1-2

3. Untuk mencegah diri kita supaya tidak terjerumus melakukan keburukan dan kemunkaran. (Q.S. al Ankabut: 45

4. Sholat bisa membuat hati tenang dan tentram (QS. al Baqarah 277 & al Anfal 2.

5. Sholat bisa menjadi penolong (QS al Baqarah 45).