KH Luthfi Bashori: Tak Mungkin Dapat Menyenangkan Semua Pihak



Sabtu, 7 Maret 2020

Faktakini.net

*TAK MUNGKIN DAPAT MENYENANGKAN SEMUA PIHAK*

Luthfi Bashori

Ridhan naas ghaayatun laa tudraku, mencari kesepakatan dari semua orang itu adalah sesuatu yang tidak mungkin didapatkan.

Maksudnya, jika ada pihak yang menginginkan perbuatannya itu disenangi oleh semua orang, maka akan pupuslah harapan tersebut, karena hal itu tidak akan pernah terjadi.

Bahkan keberadaan para nabi yang bersifat ma’shum (dijaga oleh Allah) pada setiap generasi pun tak luput dari celaan dan pertentangan dari sebagian kaumnya yang tidak beriman, apalagi terhadap manusia biasa.

Imam Syafi’i Rahimahullah berkata kepada Yunus bin Abdul A’la, “Andaikata engkau berusaha sekuat tenaga ingin menyenangkan semua orang, maka tidak ada jalan bagimu. Maka ikhlaskan amal dan niatmu karena Allah Azza wa Jalla.”

Imam Syafi’i RA menunjukkan dengan perkataan itu bahwa meraih kesenangan semua orang adalah tujuan yang tidak bisa dicapai. Apabila engkau senangkan satu orang, maka sepuluh orang tidak senang kepadamu. Apabila engkau senangkan sepuluh orang, maka seratus orang tidak senang kepadamu. Apabila engkau senangkan seratus orang, maka seribu orang tidak senang kepadamu. Apabila engkau tinggalkan mereka semua dan engkau senangkan Tuhanmu Allah Azza wa Jalla, maka Dia telah mencukupimu.

Maksudnya, jika ada pihak berkeinginan memuaskan semua orang itu, pasti tidak akan mampu, walaupun sudah berusaha berbuat baik kepada orang-orang yang ditemuinya, karena akan muncul pula orang-orang yang kontra kepadanya.

Jadi yang terpenting dalam menjalani hidup itu adalah berusaha tidak menyakiti dan mengganggu orang lain secara emosianal, dan berusaha berbuat dengan ikhlas serta melakukan amalan yang sekira diridhai oleh Allah dan rasul-Nya.

Tidak menjadi sombong atau bangga yang berlebihan saat dipuji oleh pihak lain, dan tidak perlu sedih dan marah yang berlebihan saat dicaci maki orang lain. Orang yang pro akan selalu mendukung dan berkomentar baik, sebagaimana juga orang yang kontra akan terus menghina dan berkata buruk. Karena memang seperti itu isi kehidupan manusia di muka bumi ini sejak jaman dahulu kala.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2901077636627592&id=100001761517615