Perangi Corona, Gubernur Anies Dan Wagub Tinjau Kesiapan Puskesmas Kramat Jati


Jum'at, 29 Mei 2020

Faktakini.net

Anies Baswedan

Pagi tadi (Jum'at, 29/5/2020) bersama Pak Wagub Ariza Patria, Bu Kadinkes dan Pak Walikota Jaktim meninjau kesiapan puskesmas di Kecamatan Kramat Jati. Kita semua menyadari bahwa pekan ini amat menentukan apakah pembatasan sosial akan diteruskan atau dituntaskan.

Di masa transisi ini masyarakat mulai berkegiatan di luar meskipun masih terbatas. Konsekuensinya akan kembali ada peningkatan interaksi antar orang, dan bila ada yang terpapar maka yang akan menghadapi pertama kali adalah jajaran tim kesehatan. Karena itulah kenapa yang harus kita pastikan dan persiapkan terlebih dulu adalah tim medis dan fasilitas kesehatan kita.

Alhamdulillah dari peninjauan tadi nampak bahwa fasilitas kesehatannya siap, bahkan APD sudah disiapkan lebih dari 2000 di puskesmas Kramat Jati. Semua tenaga medis kita dibekali APD, mulai dari layanan frontline hingga tenaga kebersihan. InsyaAllah bila nanti PSBB mulai transisi maka pertahanan kesehatan kita sudah siap.

Tenaga medis adalah benteng pertahanan terakhir kita, garis pertahanan yang paling awal dan utama adalah kita semua, masyarakat sendiri. Jadi kedisplinan kita di masa PSBB harus tetap dijalankan pada masa transisi. Tetap ikuti protokol kesehatan COVID-19: gunakan masker tiap kali berkegiatan di luar rumah, cuci tangan rutin, dan jaga jarak dalam situasi apapun.

Kalau itu semua diikuti dengan disiplin maka insyaAllah kita bisa memutus mata rantai penularan COVID-19.