Setelah Diperiksa Selama Tujuh Jam, Ruslan Buton Diduga Dibawa Ke Mabes Polri



Kamis, 28 Mei 2020

Faktakini.net, Jakarta - Setelah diperiksa lebih kurang tujuh jam di ruangan Pidana Khusus (Pidsus) Polres Buton, Panglima Serdadu Eks Trimatra Nusantara, Ruslan Buton, kemudian diduga dibawa ke Mabes Polri.

Dia bersama tim Mabes Polri dan Polda Sultra meninggalkan Mapolres Buton sekitar pukul 17.05 Wita, Kamis (28/5/2020). Mereka menumpangi mobil sedan dengan pengawalan ketat aparat Kepolisian.

Kasat Reskrim Polres Buton, AKP Reda Irfanda, ketika dikonfirmasi kembali soal pemeriksaan Ruslan Buton enggan berkomentar banyak sebab bukan kewenangannya. Pihaknya hanya sekedar membackup saja.

"Bukan kewenangan aku kasih keterangan. Itu adalah kewenangan dari Mabes Polri, nanti silahkan dari pusat sana untuk dimintai konfirmasinya karena kita sekedar mendampingi dan membackup," katanya.

Untuk mendapat keterangan lebih lanjut, mantan Kapolsek KP3 Kendari ini menyarankan agar konfirmasinya langsung ke Mabes Polri. Sebab penanganan Ruslan Buton telah diambil alih langsung oleh Mabes Polri.

"Jadi kita nggak punya kewenangan karena prosesnya semua dari Mabes Polri. Dari Polda Sultra dan Polres Buton hanya sebatas membackup sebagai wewenang kewilayahan," ujarnya.

Sebelumnya Ruslan Buton dijemput aparat gabungan di Desa Wabula 1, Kecamatan Wabula, Buton, Sulawesi Tenggara, sekitar pukul 09.00 Wita. Dia kemudian digiring ke Polres Buton untuk menjalani pemeriksaan terkait surat terbuka meminta Presiden Joko Widodo mundur.

Baca Juga: Buntut Surat Terbuka Kepada Jokowi, Ruslan Buton Dipanggil Polisi

Dalam surat terbuka yang viral di media sosial itu, Ruslan Buton menyampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan adanya revolusi rakyat jika Presiden Jokowi tidak mundur dari jabatannya.

“Bila tidak mundur, bukan menjadi sebuah keniscayaan akan terjadinya gelombang gerakan revolusi rakyat dari seluruh elemen masyarakat,” kata Ruslan Buton dalam surat terbuka kepada Presiden Jokowi.

Foto: Ruslan Buton (memakai baju putih kemeja lengan pendek) dikawal aparat kepolisian menuju salah satu ruangan di Polres Buton. (Foto : La Ode Ali/TakawaNews).)

Sumber: takawanews.com