Gubernur Anies, Bukan Hanya Pandai Menata Kata, Juga Keren Menata Kota!

Ahad, 14 Juni 2020

Faktakini.net

Gubernur Anies, Bukan Hanya Pandai Menata Kata, Juga Keren Menata Kota!

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bukan hanya pandai dalam menata kata sehingga memesona orang yang mendengarnya. Namun ia terbukti pandai menata kota. Karena sudah terbiasa melihat segala permasalahan secara menyeluruh, Gubernur Anies bisa membenahi Jakarta semakin baik, dari berbagai aspek kehidupan. Seperti yang bisa dirasakan seluruh warga. Kini Jakarta sebagai Ibu Kota Negara semakin nyaman, indah, dan tertata.

Gubernur Anies sangat konsen pada pembangunan interaksi warga, baginya ruang-ruang publik harus bisa menjadi ruang ketiga yang dapat memanusiakan para penggunanya. Di samping itu aspek estetika dan kesehatan lingkungan terus diperbaiki.

Seperti yang dapat kita lihat adalah perubahan kawasan Monas yang kini nampak semakin tertata. Revitalisasi kawasan tersebut sudah hampir rampung 100%. Nampak Monas mulai menghijau dan asri, sangat berbeda dari penampilan sebelumnya. Hal itu diketahui dilihat dari laman Instagram Ari Wibisono, tampak foto terbaru Monas hasil jepretannya yang diambil lewat foto drone. Perubahan signifikan pun tampak di sisi Selatan yang tak jauh dari Balaikota.

Dalam foto tersebut, tampak area Selatan Monas yang lebih kosong dengan kolam di bagian atasnya. Seperti diinformasikan sebelumya, PT MRT Jakarta sedang melakukan proses pembangunan stasiun Monas, dimana sisi Selatan kawasan tersebut harus lebih rata tanpa hambatan. Pembangunan Gardu Listrik besar MRT di area itu pun telah selesai. Sehingga nantinya ketika MRT beroperasi akan menjadi lancar dengan daya yang tercukupi. Masyarakat nantinya akan menjadi lebih mudah mengunjungi Monas karena terintegrasi dengan MRT. Dari sini sangat terlihat bahwa pembangunan yang dilakukan Pemprov DKI memperhatikan semua aspek, termasuk konektivitas antarmoda.

Penampakan terbaru Monas dari udara itu pun dibenarkan oleh Disparekraf DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia saat dihubungi terpisah oleh detikcom. Menurutnya, itu adalah penampakan dari proses revitalisasi pertama oleh Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP).

"Ya lanjut. Itu kan baru selesai revitalisasi tahap 1. Nanti revitalisasi tahap selanjutnya, tapi itu kan bukan di kami tapi Dinas CKTRP nanti gitu pengerjaannya. Plaza Selatan Saja itu," ujar Cucu.

Nantinya setelah sudah rampung, kawasan Monas bisa menjadi ruang terbuka hijau dan tetap menjadi cagar budaya yang bisa menjadi tempat interaksi antarwarga. Masyarakat bisa datang untuk berwisata, olahraga, bermain skate-board, senam, main bola dan lainnya. Tentunya pembangunan kawasan ini semuanya untuk penataan kota yang lebih baik, masyakarat menjadi bahagia, sehat, dan akrab.

Belum lagi, ada kabar empat stasiun di DKI Jakarta yakni Stasiun Tanah Abang, Stasiun Senen, Stasiun Juanda, dan Stasiun Sudirman  telah dibangun Transit on Development (TOD) hasil kerjasama perusahaan BUMD DKI yaitu PT MRT dan BUMN PT KAI segera diresmikan. Sehingga warga pengguna layanan transportasi umum semakin mudah berpindah angkutan, semua disediakan mulai dari Trans Jakarta, Bajaj, angkot Jak Lingko, ojek online, hingga ojek pangkalan. Penampakan empat stasiun tersebut juga makin bersih, rapi, dan juga sangat tertata.

Sekarang di saat sebagian besar warga masyarakat masih harus tetap di rumah untuk terus menjaga kesehatan, kita doakan semoga pembangunan Monas dan seluruh kota ini dapat berjalan dengan baik, sehingga nantinya ketika aktivitas bisa dijalankan sepenuhnya secara normal, maka semua akan bahagia ketika melihat kota Jakarta yang siap menyambut warganya dengan konektivitas antarmoda dan tata kota yang sangat baik.

Salut untuk Gubernur dan jajarannya tidak pernah berhenti bekerja.  Anies bukan hanya pandai menata kata, tapi juga keren menata kota!

Oleh Adi Pramono, Pemerhati Sosial