Tolak Kedatangan TKA China, Anggota Fraksi PKS DPRD Sultra Siap Pimpin Demo

Ahad, 21 Juni 2020

Faktakini.net, Jakarta -  Anggota Komisi III DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) Sudirman mengaku geram melihat sikap melempem yang ditunjukkan oleh Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh yang tidak memberikan pernyataan soal penolakan terhadap rencana kedatangan sebanyak 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China itu.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai sikap Ketua DPRD Sultra tersebut tidak bisa mewakili sikap kolektif kolegial seluruh anggota dewan Bumi Anoa. Sebab, tidak dilakukan secara paripurna bersama 45 wakil rakyat.

“Sikap Ketua DPR (Abdurrahman Saleh) itu bukan hasil keputusan bersama 45 anggota. DPR itu lembaga dengan pengambilan keputusan dilakukan melalui hasil rapat paripurna dewan,” tegas Sudirman melalui WhatsApp, Sabtu (20/06/2020).

Sudirman sendiri menegaskan, dirinya tetap menolak kehadiran 500 TKA China ke Sultra. Sikap tersebut merupakan bentuk komitmennya terhadap hasil rapat paripurna yang dilaksanakan Rabu (29/04/2020).

Jika 500 TKA asal Tiongkok tetap dipaksakan datang pada 23 Juni mendatang dan Abdurrahman Saleh tidak bisa memimpin demo penolakan, maka demi kepentingan masyarakat Sultra, ia menegaskan akan memimpin demontrasi besar-besaran tersebut.

“Kalaupun mereka tetap datang itu TKA tanggal 23 Juni, sementara Ketua DPRD Sultra tidak bisa pimpin, Saya yang akan ambil alih untuk pimpin demo tersebut,” tegas Sudirman.