Begini Modus Penonjolan Lambang Salib Di Spanduk HUT RI Supaya Terlihat Jelas



Kamis, 13 Agustus 2020

Faktakini.net

Frida Wahyu

#spanduksalib
- Hah? Spanduk Salib? -
*Desainer Profesional Menjelaskan Desain Salib HUT RI dari Pemerintah Pusat*

Setiap Desain itu perlu sesuatu yang ditonjolkan dalam Desain Grafisnya supaya dapat mudah dilihat orang dan bisa lebih diingat... Dan oleh karena itu Objek yang ingin ditonjolkan harus lebih besar dari objek lainnya..

Jadi mari kita bahas lebih dalam lagi satu per satu ni ya.. Inti dari Desain ini hanya logo hut ri 75, logo bangga buatan Indonesia, dan 3 objek.. Objek berbentuk titik, objek berbentuk lingkaran tidak penuh dan objek garis garis.. Secara sekilas memang ga ada yang aneh dengan ukuran objeknya.. Namun kalian tentu bisa jelas melihat salib di desain tersebut.. Kenapa? Well, jawabannya karena itu memang sengaja ditonjolkan

1. Perhatikan garis garis yang ada di salib bagian paling bawah dan paling atas.. Garis garisnya mengarah vertikal.. Itu membuat otak kita merespon dengan melihat gambar objeknya dari atas kebawah..

2.Lalu ketika kita lihat dari bawah keatas, ada garis horizontal tepat dibawah bagian horizontal salibnya berada.. Kebetulan kah?

3. Oke, kalo kalian pikir itu kebetulan, mengapa ada garis diagonal di sisi paling pinggir kiri? garis tersebut membuat otak kita melihat secara diagonal apa yang ada di sekitar objek tersebut..

4.Kemudian kenapa tengahnya harus titik? Gambar titik yang persis berada ditengah tengah salib membentuk blank space di sekitar objek..

Apa itu Blank Space? Blank Space adalah ruang kosong yang Sengaja ditambahkan pada sebuah gambar / desain dengan maksud agar dapat menonjolkan objek yang ada di sekitarnya.. Dan biasanya kita sering melupakan daerah blank space tsb.

Contohnya: Anda bisa melihat logo Fedex tapi anda pernah perhatikan betul ada blank space berbentuk panah di tengah bagian ex-nya?

Lalu kalian bisa lihat contoh lain logo Formula1, ada blank space berbentuk angka 1 ditengah tengah F1 nya.. Kalian lupa blank space di logo tersebut atau memang kita tidak memperhatikannya dari awal? Ya memang tujuan utama blank space itu untuk memperhatikan objek yg lain bukan blank spacenya

Oke jadi kita balik lagi.. Blank Space yang ada di tengah tengah salib tersebut mengelilingi titik merah yang membuat otak kita lebih fokus kepada titik merah yg ada di tengah tengah salib.. Jangan heran titik merah yg lain Sengaja ditaruh posisinya dipinggir, bukan ditengah.. Dengan maksud agar orang yang melihat dapat lebih fokus ke titik merah yang ditengah salib tersebut..

Jadi masih anggap itu cuma kebetulan mirip salib? Coba jawab deh kenapa desainernya tidak pakai objek lain? kayak objek berbentuk lingkaran tidak penuh mengarah keatas, seperti gambar objek yang ada di samping garis horizontal yg ada pada salib.. Kan bisa.. Ayo kenapa coba?

5. Ya sebagus apapun kalian menipu diri kalian sendiri.. Ada satu bukti lagi yang jelas jelas bikin salibnya sangat menonjol... Perhatikan objek objek yang ada disekeliling salib.. Semuanya punya BLANK SPACE yang luas kecuali objek garis garis di paling bawah... Dan karena kita udah tau kegunaan blank space itu supaya bisa menonjolkan objek yg disekitarnya..

Apa lagi alasan kalian tidak menemukan objek berbentuk salib di desain spanduk dari Pemerintah Pusat ini?