Inilah Sayyid Fadil Pasha Mauladdawilah, Habaib Yang Jadi Menteri Di Kesultanan Turki Utsmani



Kamis, 13 Agustus 2020

Faktakini.net

SAYID FADHIL PASHA, HABAIB YANG MENJADI MENTERI DI KESULTANAN TURKI USMANI

Sayid Fadhil bin Alwi Maula Dawilah (1824-1900) merupakan salah satu keluarga habaib yang memiliki pengaruh di Kesultanan Turki Usmani. Beliau lahir di Wilayah Kerala dan tumbuh kembang disana sampai beliau menjadi tokoh berpengaruh di Turki. Sayid Fadhil datang ke Turki melalui Mesir pada tahun 1853 M dengan rekomendasi dari Syeikh Abbas Pasha (perwakilan Kesultanan Turki Usmani di Kairo).

Pada masa tersebut, beliau mendapat undangan khusus dari Sultan Abdul Majid I (1839-1861). Pada masa ini beliau banyak melakukan syiar Islam melalui proses belajar mengajar sampai beliau diangkat menjadi penasehat sultan pada periode Sultan Abdul Aziz (1861-1876). Pada periode Sultan Abdul Hamid II (1876-1908) beliau diangkat menjadi menteri yang mengurusi persoalan agama dan politik. Salah satu idenya yang spektakuler dari beliau adalah pembangunan rel kereta api antara Hijaz dan Syiria.

Diplomasi Habib Abdurrahman Al-Zahir melalui bantuan Sayid Fadhil Pasha.

Ketika Habib Abdurrahman Al-Zahir melakukan diplomasi ke Turki untuk Kerajaan Aceh pada masa Sultan Mahmud (1870-1874), hal tersebut tidak terlepas dari bantuan Sayid Fadhil Pasha yang memiliki akses ke Pemerintahan Tertinggi Kerajaan Turki pada saat itu. Sehingga tidak mengherankan apabila Habib Abdurrahman Al-Zahir dipercaya melakukan diplomasi tersebut pada periode Sultan Mahmud Daud Syah (1870-1874). Tetapi sayang, pada saat itu Kerajaan Turki sedang mengalami krisis sehingga tidak dapat berbuat banyak untuk Aceh.

Bagaimana hubungan Habib Abdurrahman Al-Zahir dengan Sayid Fadhil Pasha? Setidaknya ada tiga hal, pertama mereka berdua merupakan bagian keluarga Ba’alawi. Kedua, mereka sama2 tumbuh dan berkembang di wilayah Kerala, India dan ketiga, Habib Abdurrahman Al-Zahir pernah mendapat ijazah doa dari Sayid Fadhil Pasha, sehingga dapat dikatakan bahwa beliau merupakan murid dari pada Sayid Fadhil Pasha.

Kembali Kerahmatullah

Sayid Fadhil Pasha kembali kerahmatullah pada 2 Ra’jab 1318 H di Turki. Beliau dimakamkan disamping makam Sultan Muhammad Khan dan dihadiri oleh Sultan Abdul Hamid II beserta para pembesar Kerajaan Turki lainnya.

Sumber : A Political Biograpgy of Syed Fazl Thangal oleh K K Muhammad Abdul Sathar.