Salut! Berkat Luasnya Pergaulan Internasional Anies, Testing Covid-19 di Jakarta jadi yang Terbaik



Kamis, 13 Agustus 2020

Faktakini.net

Salut! Berkat Luasnya Pergaulan Internasional Anies, Testing Covid-19 di Jakarta jadi yang Terbaik

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan secara senyap dan diam-diam meminjam alat PCR ke negara lain untuk menyelamatkan lebih banyak lagi nyawa warganya. Hal tersebut disampaikan oleh Anies dalam acara Indonesian Lawyer Club, Selasa (11/08).

Gubernur Anies menceritakan bahwa pihaknya, Pemprov DKI Jakarta mengirimkan surat ke delapan kota negara yang menjadi partner Pemprov DKI Jakarta untuk meminjam PCR. Anies menghubungi para Gubernur dan Walikota untuk bersedia meminjamkan alat tersebut kepada Pemprov DKI Jakarta guna mempercepat pelacakan klaster baru penyeberangan virus Covid-19.

“Kami tidak minta, kami akan pinjam. Kalau ini sudah selesai, kami akan kembalikan,” kata Anies menceritakan.

Sebagian besar para petinggi kota, lanjut Anies membalas dengan keluhan yang serupa. “kami pun mempunyai masalah yang sama”. Bahkan, Anies mengimbuhkan ada duta besar yang sampai bertemu dengannya hanya untuk menyampaikan bahwa di negaranya memiliki persoalan yang sama.

“Ada dua yang akhirnya membantu. Bahkan mereka mengirim PCR lengkap yang membuat kita bisa mengolah 750 spesimen per hari,” tuturnya.

Alat tersebut didapatkan oleh Anies dari Seoul, Korea Selatan. Ia menyampaikan bahwa Jakarta sedang membutuhkan alat PCR. Kemudian, direspon positif oleh Petinggi Seoul yang kemudian mengirimkan alat PCR ke Jakarta dan diantar langsung oleh duta besarnya.

“Kita mencoba segala macam cara untuk meningkatkan kapasitas alat PCR dan menyelamatkan lebih banyak nyawa warganya. Dan alhamdulillah, jejaring internasional pertemanan dengan para pemimpin kota di dunia bisa memberi manfaat di saat krisis seperti ini,” pungkas Anies.

Mendengar operasi senyap tersebut, Karni Ilyas yang merupakan Presiden ILC terdiam dan manggut-manggut mendengarkan penjelasan Gubernur Anies Baswedan yang bekerja dalam senyap untuk menyelamatkan lebih banyak lagi nyawa warganya.

Selain Karni Ilyas, cerita senyap Anies juga mendapat respon positif dari beberapa netizen. Salah satunya dari akun Facebook Riki.

“Luar biasa gubernur Anies Baswedan berkolaborasi bekerjasama untuk keselamatan warga dengan jajarannya,” komentar Riki dalam akun Facebooknya.
“Ini bukan tentang banyak nya angka tapi tentang kecepatan dalam sigap tanggap cepat dan waspada agar masyarakat lebih banyak terselamatkan. Jakarta jangan lupa bahagia maju kotanya bahagia warganya.”

Itulah ciri pemimpin besar. Pergaulan internasional yang Ia miliki berdampak baik bagi warganya. Anies Baswedan dengan komunikasinya yang excellent dalam komunitas internasional membawa Jakarta pada level kota-kota maju di dunia. Dapat dilihat berkat piawainya diplomasi Anies, Jakarta mendapatkan pinjaman alat canggih untuk test kasus Corona dengan lebih cepat dan efektif. Jika saja semua pemimpin memiliki kapasitas seperti Anies Baswedan, mungkin jumlah test Indonesia yang masih minim akan terangkat menjadi lebih banyak. Sehingga penemuan kasus positif Corona dapat diketahui lebih cepat untuk isolasi mandiri dan warga lain yang sehat dapat lebih banyak diselamatkan.

Oleh Ahmad Soleh, Netizen