Rocky Gerung: Dari Sekian Menteri, Hanya Anies yang Mampu Terjemahkan Pikiran Presiden



Senin, 5 Oktober 2020

Faktakini.net

Rocky Gerung: Dari Sekian Menteri, Hanya Anies yang Mampu Terjemahkan Pikiran Presiden

Pengamat politik Rocky Gerung menilai Presiden Jokowi dan para menteri jajarannya tidak serius tangani Covid-19.

Menurut Rocky, hal tersebut mengingat banyaknya kritikan yang dilayangkan kepada Anies Baswedan lantaran menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total.

Rocky Gerung menilai kebijakan Anies Baswedan lebih berperan dibandingkan kebijakan pemerintah pusat. Pemerintah pusat, kata Rocky termasuk para jajaran kabinet dalam urusan penanganan Covid-19 yang dinilai tidak sungguh-sungguh.

Rocky menilai, apa yang dilakukan Anies saat ini justru sedang membantu pemerintah pusat dengan mengambil inisiatif nyata.

"Justru Anies sedang menolong kabinet." Ujar Rocky seperti dilansir dari Tribunjateng.com, Minggu (13/9/2020).

Peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) ini menyebut saat ini pemerintah pusat tidak memiliki ide apapun untuk menangani covid-19.

"Ketika kabinet tidak punya ide, Anies datang dengan ide yang disebut PSBB total, tapi karena Anies yang ambil inisiatif, maka politik berubah lagi, yaitu memojokkan Anies," jelasnyanya.

Selain itu, Rocky menilai saat ini presiden Joklowi dan para menterinya tidak kompak. Ia mleihat, saat ini yang terjadi di istana justru ada perbedaan pemikiran, khususnya antara Jokowi dengan Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto. Di satu sisi Jokowi sudah meminta untuk menomorsatukan kesehatan, namun dari Airlangga terkesan mementingkan ekonomi.

"Lain kalau pemerintah punya inisiatif, kalau ditanya apa inisiatif Presiden? Enggak ada," tanyanya.

Presiden, masih kata Rocky hanya mengatakan ekonomi jangan mengganggu kesehatan. Akhirnya, Anies menterjemahkan itu dengan PSBB total. Kemudian Airlangga datang dengan pemikiran sebaliknya. Rocky kemudian menilai Airlangga tidak bisa memerjemahkan pemikiran Jokowi.

"Lho pikiran Airlangga berarti bukan pikiran presiden, padahal Presiden bilang 'Pikiran kabinet adalah pikiran presiden," pungkasnya.

Sebelumnya, terkait kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Mulai dari politikus hingga artis ikut memberikan protes atas kebijakan orang nomor satu di Ibu Kota tersebut.

Derry Fajar, Netizen.