Anies Masifkan Keruk dan Buat Waduk Baru Antisipasi Banjir Jakarta

 



Kamis, 5 November 2020

Faktakini.net

Anies Masifkan Keruk dan Buat Waduk Baru Antisipasi Banjir Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kian masif mengeruk sekaligus membuat waduk baru untuk mengantisipasi banjir seiring semakin meningkatnya intensitas hujan di Ibu Kota. 

Menurur Anies, waduk-waduk itu juga diperdalam atau normalisasi dengan menerjunkan alat berat yakni back hoe atau ekskavator yang berasal dari berbagai unsur baik pemerintah maupun swasta.

"Benar (dikeringkan). Jadi waduk di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan sudah dalam proses pengerukan terus menerus, harapannya air dari pegunungan yang masuk ke kota bisa ditahan dulu di waduk-waduk ini," kata Anies seperti dilansir dari Wartaekonomi.co.id, Rabu (4/11/2020). 

Menurut Anies, dengan melakukan upaya pengeringan dan pengerukan tersebut, diharapkan bisa membuat air kiriman dari pegunungan untuk ditampung di waduk dan dialirkan ke sungai secara bertahap sehingga bisa mencegah terjadinya banjir akibat air kiriman dari hulu.

"Jadi ada juga yang semula lahan kosong karena kontur tanahya cekung dan selama ini terjadi banjir di tempat itu, kita buat waduk. Jadi bikin waduknya untuk mengalirkan air, baru kemudian dipompa untuk dialirkan ke sungai. Karena memang kontur tanahnya cekung," jelasnya.

Lebih lanjut Anies menyebut terdapat cekungan yang jadi perumahan. Oleh sebab itu, Anies memberikan solusi berupa pembuatan waduk di beberapa wilayah DKI Jakarta.

Sebelumnya,  Kepala Suku Dinas Sumber Daya (SDA) Air Jakarta Selatan, Mustajab telah mengeringkan sejumlah waduk di Jakarta Selatan. 

"Kami diperintahkan untuk mengosongkan waduk. Jadi kami akan kosongkan sebelum musim hujan," ujarnya, Selasa (3/11/2020).

Lebih lanjut pihaknya menyatakan akan memaksimalkan penggunaan pompa-pompa air untuk mengalirkan air yang ada di waduk. 

"Waduk yang tidak memiliki pompa akan didatangkan agar bisa mengeringkan air di waduk tersebut," tandasnya.