Komunitas Pesepeda Dukung Anies Jadikan Sepeda sebagai Alat Transportasi

 



Senin, 9 November 2020

Faktakini.net

Komunitas pesepeda yang tergabung dalam Gowesser Anak Jakarta (GAJ) mendukung penuh kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkampanyekan penggunaan sepeda sebagai alternatif alat transportasi.

Hal tersebut disampaikan oleh inisiator GAJ, Syahrul Hasan di Jakarta, Sabtu (7/11/2020).

"Sepeda bukan hanya sebagai alat olahraga, tapi sebuah solusi dalam mencegah pencemaran polusi udara," kata Syahrul seperti dikutip dari Tempo.co (7/11/2020). 

Syahrul beserta komunitasnya terus mengkampanyekan sepeda sebagai salah satu alat transportasi yang ramah lingkungan, menyehatkan serta menjadi ajang silaturahmi antar warga.

Lebih lanjut, ia menjelaskan peningkatan jumlah komunitas gowes di Indonesia, juga menyebabkan efek resonansi bertumbuhnya UMKM yang menyediakan fasilitas pendukung para pesepeda. Fenomena ini tidak hanya terjadi di DKI Jakarta, namun seluruh Indonesia.

"Ini yang kita syukuri apa yang telah dan terus diperjuangkan Gubernur Anies, sesuai slogannya maju kotanya bahagia warganya," ujarnya.

Sementara itu, Anies Baswedan mengapresiasi dukungan dan kampanye yang dilakukan komunitas GAJ. Tidak hanya menyehatkan, sepeda sebagai alat transportasi menurut Anies juga bisa menjadi solusi alternatif mengatasi kemacetan lalu lintas.

"Karena itu yang kita dorong adalah bukan bersepeda sebagai olahraga saja, tapi bersepeda dipandang sebagai kegiatan transportasi. Itu yang kita kampanyekan sekarang," jelas Anies.

Sebelumnya, GAJ bersama Anies Baswedan melaksanakan "gowes" dengan rute GOR Sunter-Kayu Putih Pulogadung diakhiri silaturahmi ke Pondok Pesantren Al Kenaniyah di Jakarta Timur.

Syahrul menyatakan gowes bersama itu sebagai keseriusan GAJ mendukung program Gubernur Anies, untuk mewujudkan sepeda sebagai salah satu alat transportasi

Sekretaris Umum KONI DKI Jakarta Jamron menyebutkan agenda gowes bersama Anies Baswedan ini sebagai ajang silaturahim pegowes se-DKI Jakarta yang tergabung dalam GAJ.