Cara Cerdas Anies Menata Kawasan Pasar Senen, Mobilitas - Kegiatan Dalam Satu Kawasan Utuh

 


 



Senin, 25 Januari 2021

Faktakini.info

𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐂𝐞𝐫𝐝𝐚𝐬 𝐀𝐧𝐢𝐞𝐬 𝐌𝐞𝐧𝐚𝐭𝐚 𝐊𝐚𝐰𝐚𝐬𝐚𝐧 𝐏𝐚𝐬𝐚𝐫 𝐒𝐞𝐧𝐞𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐌𝐞𝐧𝐚𝐭𝐚 𝐌𝐨𝐛𝐢𝐥𝐢𝐭𝐚𝐬 𝐒𝐞𝐦𝐮𝐚 𝐎𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐚𝐧 𝐊𝐞𝐠𝐢𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐒𝐚𝐭𝐮 𝐊𝐚𝐰𝐚𝐬𝐚𝐧 𝐔𝐭𝐮𝐡

Gubernur DKI, Anies Baswedan, melakukan inspeksi ke kawasan Simpang Lima Senen, Jakarta Pusat, Jumat (22/1/2021) sore untuk melihat suasana di kawasan tersebut.

Momen tersebut dibagikan Anies melalui akun media sosialnya. Tampak sejumlah foto yang memperlihatkan begitu indah dan cantiknya kawasan Pasar Senen saat ini.

Anies yang menggunakan kemeja biru muda dengan celana berbahan jeans dan menggunakan masker berwarna abu-abu, menyapa beberapa pejalan kaki dan melihat arus lalu lintas di kawasan tersebut yang terpantau lancar. Anies juga melihat halte busway Senin yang dibangun dengan desain baru dengan jembatan penyebrangan dengan aksen motif piano.

Anies mengatakan, ketika menata kawasan Pasar Senen, berarti harus menata mobilitas semua orang dan kegiatan dalam satu kawasan utuh. Menurut Anies, kawasan Pasar Senen merupakan salah satu hub potensial untuk dikembangkan sebagai Transit Oriented Development (TOD). 

“Karena itu tidak hanya membangun Ekstensi Lintas Bawah untuk kendaraan, kita membangun fasilitas untuk perpindahan manusianya,” tulis Anies melalui akun Facebooknya, Sabtu (23/1/2021).

Anies menambahkan, Halte Senen direvitalisasi menjadi lebih lebar, dua JPO baru yang dilengkapi lift, memperbaiki alur kendaraan dengan mengutamakan pejalan kaki, pesepeda dan transportasi publik. 

“Melanjutkan penataan jalur pedestrian dari koridor Kramat Raya, dilengkapi bus stop dan signage baru. Penataan terintegrasi kawasan Stasiun Senen. Jalur hijau dan taman-taman dipercantik, penerangan jalan ditambah,” imbuhnya.

Saat ini, pihaknya telah melangsungkan pembangunan Pasar Senen Jaya Blok I dan II, yang akan terhubung langsung dengan Halte TransJakarta. 

“Ketika tuntas akan makin memperindah #WajahBaruSenen dan mengembalikan kejayaan Kawasan Pasar Senen sebagai pusat bisnis dan wisata belanja,” tandasnya.

Oleh: Mahmud, Warganet