Dengki, Buzzer Tuding Foto Gunung Pangrango Dari Kemayoran Tempelan, Ini Penjelasan Pemotret

 




Jum'at, 19 Februari 2021

Faktakini.info, Jakarta - Sempat viral foto Gunung Gede Pangrango yang tampak jelas dari Jakarta. Hal ini menunjukkan jernihnya kualitas udara di Jakarta di era Gubernur Anies Baswedan, sehingga gunung Pangrango bisa terlihat jelas. 

Namun kemudian para buzzer dan pihak pembenci Anies panas hati, dan malah menuding itu adalah foto hoax, editan, rekayasa, tempelan dan sebagainya. 

Dikritik tempelan, sang fotografer kemudian beri penjelasan.

Terlihatnya Gunung Gede Pangrango tersebut mencuri perhatian warga yang ingin mengabadikan dengan ponsel. Sebenarnya Gunung itu telah terlihat sejak tahun lalu saat penetapan PSBB Ketat di Jakarta.

Penampakan Gunung Gede juga dipamerkan Ari Wibisono di akun instagramnya yang diunggah ulang oleh Dinas Lingkungan Hidup Jakarta.

Dihubungi terpisah oleh detikTravel, Rabu (17/2/2021), Ari membenarkan bahwa foto itu dipotret langsung olehnya kemarin pagi dari lokasi yang sama.

"Saya berangkat dari rumah saya nggak jauh dari Matraman menuju Kemayoran. Nah pas saya naik ke flyover Kemayoran yang ke arah Wisma Atlet sebelah kanan saya ada Gunung Gede Pangrango gagah sekali dan sangat jelas. Saya langsung foto saja dari jembatan itu pukul 06.20 WIB," ujar Ari.

Lebih lanjut, Ari menyebut kalau ia memotret momen indah itu lewat kamera mirrorless miliknya. Ia sendiri berada di lokasi hingga pukul 08.00 WIB.

Menanggapi cuitan seorang fotografer senior yang menuding itu foto tempelan, Ari lantas mengulas detil di balik pemotretan foto tersebut lewat klarifikasi di feed dan story Instagram pribadinya.

Dipecah jadi beberapa bagian, ia menerangkan momen pemotretan hingga teknis yang di baliknya.

"Saya memfoto gunung ini hanya memakai zoom 260MM," klarifikasinya.

Lebih lanjut, Ari juga menyertakan lokasi pengambilan gambarnya yang diambil dari flyover Jalan HBR Motik. Kemudian, Ari juga menjelaskan kalau ia pernah memotret momen serupa tanpa lensa besar di bulan Desember 2020 lalu.

"Ya saya berharap sebelum berkomentar soal fotografi lebih baik mencoba memotret dengan angle yang sama baru berkomentar. Jujur saya kecewa atas semua tuduhan mas Arbain (soal) foto saya tempelan," ujarnya saat dihubungi oleh detikTravel, Kamis (18/2/2021).

Ari juga menjamin, bahwa siapa pun yang memotret Gunung Gede Pangrango di titik yang sama dengannya bisa mendapat foto serupa.

"Saya jamin di titik itu ketika udara bersih ibukota Gunung Gede Pangrango akan terlihat jelas dengan mata telanjang.

Yang pasti gunung itu tidak akan ke mana mas, tetap akan di situ dan yang paling menentukan adalah cuaca, polusi dan udara," ujarnya.

Selain memotretnya langsung, Ari mengaku kalau mengedit sedikit fotonya menggunakan aplikasi Adobe Lightroom. Namun, sebatas edit kontras dan cahaya saja.

"Intinya saya tidak ada niatan untuk meng-crop foto (tempel foto)," tutupnya.

Selain tudingan para buzzer, seorang fotografer senior Indonesia Arbain Rambey juga menyangsikan perihal foto yang dipotret oleh Ari. Parahnya lagi sempat dicuitkan olehnya, kalau foto Gunung Gede Pangrango milik Ari adalah editan.

Ini foto tempelan. Untuk dapat Pangrango segede gitu, butuh tele panjang lalu motret dari jauh. Melihat perbandingan mobil depan dan belakangnya, jelas tak memakai tele panjang https://t.co/jWWQZy9xop— Arbain Rambey (@arbainrambey) February 17, 2021

Arbain mengklaim, bahwa ukuran Gunung Gede Pangrango di dalam foto itu tidak seharusnya sebesar itu. Ukuran jalan jadi patokan.

"Saya bukan bilang gunungnya gak ada loh...saya bilang ukuran gunung Pangrangonya tak segede itu di bidang fotonya kalau jalan di bawahnya perspektifnya seperti itu," kata dia.

"Ini twit yang semoga penghabisan untuk polemik foto gunung: Perspektif gunung ke foreground gak nyambung dgn perspektif mobil2 yg tampak. Gunung ke foreground itu compactionnya gila2an (tele panjang buanged). Sedangkan perspektif mobil2 itu tampak pakai tele pendek," tulis Arbain.

"Akhir diskusi ini sederhana...memang backgroundnya jadi tempelan karena olah digital yang kelas berat seperti di foto yang disebut aslinya ini...," tuding dia.

Foto: Gunung Gede Pangrango, Bogor terlihat jelas dari Kemayoran, Jakarta Pusat kemudian dipotret Ari Wibisono dan diposting di akun Instagramnya @wibisono.ari. Foto: @wibisono.ari

Sumber: detik.com