Relawan BK FPI Dan Rapekas Bagikan Sembako, Obat Dan Pakaian Di Pesisir Sungai Barito Kuala, Jejangkit Kalsel

 





Rabu, 17 Februari 2021

Faktakini.info, Jakarta - Musibah banjir yang melanda beberapa wilayah di Kalimantan Selatan sejak beberapa hari lalu, masih belum surut. Puluhan ribu warga harus meninggalkan rumah demi keselamatan mereka.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel mencatat, banjir kali ini berdampak pada kehidupan 70.000 warga. Rumah mereka digenangi air dengan ketinggian bervariasi. Banjir kali ini disebut sebagai banjir terparah. 

Para Relawan Front Persaudaraan Islam (FPI) tidak tinggal diam melihat musibah ini, dan alhamdulillah telah menyalurkan berbagai bantuan di berbagai titik-titik banjir di Kalimantan Selatan. 

Para Relawan Bidang Kemanusiaan FPI (BK FPI) dan Relawan Kemanusiaan Peduli Kalsel (Rapekas) menyalurkan bantuan berupa paket Sembako di pesisir sungai Barito Kuala desa Bahandang kecamatan Jejangkit, kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan hari ini Rabu (17/2/2021). 

Bantuan yang disalurkan terdiri dari:

- 100 paket sembako 
-  Obat-obatan
-  Peralatan mandi
- Kerudung dan mukena
- Selimut dan handuk
- Pakaian layak pakai

"Alhamdulillah seluruh kegiatan pemberian bantuan hari ini berjalan dengan lancar. Kondisi air di desa Bahandang air masih masuk dalam rumah. Dan yg lebih menyedihkan adalah sudah satu bulan lebih air menggenangi rumah warga", ujar Ustadz Andi Antung mewakili para Relawan. 

Akibat banjir ini, sudah lima pekan masjid tidak bisa digunakan. Sudah lima Jum'at tak ada kegiatan sholat Jum'at di masjid karena masjid masih digenangi air. 

Namun hal itu tau menyurutkan semangat para Relawan FPI dan Rapekas untuk memberikan bantuan dan warga masyarakat menyambut antusias kedatangan Relawan FPI dan Rapekas ini. 

"Alhamdulillah kegiatan kita sangat mendapat antusias dari warga. Bukan besar kecil bantuan yang diberikan tapi kepedulian para relawan yang datang ke desa mereka.
Desa kedua yang kita salurkan adalah desa cahaya baru, yaitu desa yang pernah kita salurkan bantuan dua pekan sebelumnya.. Dan di desa cahaya baru air juga masih menggenangi rumah warga, sama dengan desa Bahandang dimana air juga sudah 1 bulan lebih menggenangi rumah warga", lanjut Ustadz Andi. 

Ustadz Andi mengatakan warga sangat antusias menerima kedatangan Relawan BK FPI, sampai mereka memberikan cinderamata berupa ayam dan ikan sebagai cinderamata. 

"Sedikit catatan kecil dari perjalanan relawan BK FPI dan Rapekas hari ini, desa cahaya baru yang kita datangi untuk kedua kalinya ini warga sangat berterima kasih atas kepedulian  Relawan BK FPI. BK FPI sudah ada ada di hati mereka saking senangnya relawan BK FPI datang sambutan warga sungguh luar biasa, saking ingin menjalin hubungan silaturahmi, ayam dan ikan dikasih sama relawan sebagai hadiah  cinderamata kepada relawan BK FPI. Desa mereka sangat terbuka untuk relawan BK FPI untuk datang ke desa mereka baik sebagai relawan ataupun perorangan", tutupnya.






















Klik video: