FPI Dan KBBKT Berau Bagikan Sembako Untuk Korban Banjir Di Kecamatan Sambaliung Dan Teluk Bayur

 

Selasa, 18 Mei 2021

Faktakini.info, Jakarta - Terjadinya banjir besar di Kabupaten Berau pada Sabtu lalu yang disebut sebagai peristiwa 5 tahunan itu telah menyebabkan ratusan pemukiman dan lahan warga di Kampung Bena Baru, Tumbit Dayak Kecamatan Sambaliung dan Kampung Tumbit Melayu, Kecamatan Teluk Bayur terendam banjir. 

Curah hujan cukup tinggi dan sejumlah wilayah di Kabupaten Berau terkena banjir. Menurut keterangan dari beberapa sumber, ketinggian air mulai dari 1 hingga 2 meter ini menyebabkan sekitar 30 rumah terendam banjir. Sedangkan di Kampung Long Lanuk sekitar 40 rumah terendam, pada di Sabtu (15/5/2021).

Akibat cuaca hujan dengan intensifitas tinggi ini diperparah dengan jebolnya tanggul pit tambang batubara (PT RUB-red) sehingga banjir semakin besar, khususnya yang melanda Kampung Bena Baru di Kecamatan Sambaliung, Ahad/Minggu 16/7/2021. Kondisi warga masyarakat yang terkena dampak banjir tersebut sedemikian parah sehingga menyulitkan mereka untuk beraktifitas sehari-hari.

Pemerintah Kabupaten Berau dan sejumlah organisasi kemasyarakatanpun turun memberikan bantuan ke warga yang dilanda musibah banjir itu dan turut serta memberikan bantuan berupa sembako kepada warga masyarakat yang mengalami musibah tersebut, berupa beras, indomie, gula, air mineral, kopi dan lainnya.

Beberapa dinas/instansi pemerintah kabupaten Berau, sebagaimana instruksi Bupati Sri Juniarsih, juga mengerahkan bantuan untuk meringankan beban warga yang terkena dampak akibat banjir besar dari luapan Sungai Kelay dan Sungai Segah itu.

Front Persaudaran Islam (FPI) Kabupaten Berau selalu tanggap dan peduli untuk membantu saudara dan warga masyarakat yang terkena musibah atau bencana, agar mereka dapat bertahan dan melanjutkan aktifitas sehari-harinya. Selain meninjau lokasi musibah banjir, Front persaudraraan Islam Berau dan KKBKT juga memberikan langsung bantuan berupa sembako kepada warga yang rumahnya terdampak banjir.

Dengan kejadian musibah bencana alam ini, Front Persaudaraan Islam Berau bersama ormas daerah KBBKT (Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur) dan Aparat Negara, pada Ahad/Minggu, 16 Mei 2021 langsung melakukan peninjauan di lokasi banjir. Dalam pelaksanaan kegiatan bersama ini dikoordinir oleh Ustadz Samhudi Utari selaku sekretaris KBBKT kab. Berau, Guru Syamsudin Bubur dan komandan Laskar KKBKT Arifin Yunus, bersama Front Persaudaraan Islam Berau. Pelaksanaan kegiatan daerah bencana yang dituju adalah daerah Tumbit Melayu dan Tumbit dayak.

Sumber bantuan berasal dari KBBKT dan diucapkan terimakasih Kepada H. Abidinsyah selaku pembina KBBKT Kab. Berau untuk disalurkan kepada warga masyarakat yang ditimpa musibah bencana banjir.

Sementara itu, Kepala Kampung Tumbit Dayak, Ahmad Efendi, mengatakan banjir telah terjadi sejak hari pertama lebaran, Kamis (13/5/2021). Namun, belum ketinggian air belum terlalu tinggi seperti sekarang ini. Bahkan, banyak perkebunan milik warga yang tenggelam. Mengenai langkah selanjutnya terkait penanganan banjir, ia menuturkan masih melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

“Saya atas nama Pemerintah Kampung Tumbit Dayak Berau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang  telah membawa bantuan untuk masyarakat kami yang sudah terendam rumahnya,” tutur Ahmad Efendi (Kepala Kampung Tumbit Dayak).

Sumber: Media Front Balikpapan.

H. Tajuddin Noor (Dewan Tanfidzi).

Kontributor Media Kalimantan Timur (Bagus Fajri).