Menikah Dengan Adat Jawa, Bukti Kecintaan Anies Pada Budaya Nusantara

 

Senin, 10 Mei 2021

Faktakini.info

25 tahun silam, tepatnya pada 11 Mei 1996, Anies Baswedan mempersunting temannya bernama Fery Farhati Ganis yang saat ini menjadi pasangan hidupnya.

Dalam momentum sekali seumur hidup itu, Anies memilih menggunakan adat budaya Jawa dibanding adat budaya lain. Itu menunjukkan bahwa Anies sangat mencintai Jawa, dan sangat bangga dengan Indonesia.

Alasan Anies memilih adat budaya Jawa dalam pernikahannya karena ia bangga dan kagum dengan budaya Jawa. Sejak lahir Anies memang sudah Jawa. Lahir di Kuningan, Jawa Barat, kemudian Anies hidup dan besar di Yogyakarta. Wajar, jika kecintaannya terhadap Jawa membuat ia memilih adat Jawa dalam momentum pernikahannya. 

Anies memang suka sekali dengan adat dan budaya Jawa. Selain pernikahannya yang menggunakan adat Jawa, Anies juga sekali menonton pertunjukan dalang bermain wayang hingga larut malam. Selain itu, design rumah dan furniture Anies juga semuanya berkonsep Jawa. 

Kepada kita, Anies mengajarkan bahwa budaya di Nusantara sungguh luar biasa banyak. Setiap daerah memiliki adat dan istiadatnya masing-masing. Tugas kita sebagai bangsa Indonesia adalah mengenalkan itu semua kepada dunia.

Kecintaan Anies terhadap Jawa dan kebanggaan Anies terhadap Indonesia tidak diucapkan dengan kata-kata. Melainkan dengan sikap, perilaku, dan tindakan nyata. 

Selamat memperingati hari pernikahan ke 25 tahun Anies Baswedan dan Fery Farhati Ganis. Tetaplah menjadi keluarga yang harmonis, dan inspiratif. 

Ikut bangga dan bersyukur, karena melalui pasangan ini, hadir empat orang anak lucu dan pintar di antaranya: Mutiara Annisa, Mikail Azizi, Kaisar Hakam dan Ismail Hakim.