Ahmad Daryoko: Bongkar Pasang Dekom PLN!

 

Ahad, 18 Juli 2021

Faktakini.info

BONGKAR PASANG DEKOM PLN !

Oleh : Ahmad Daryoko

Koordinator INVEST.

Baru2 ini Menteri BUMN mengadakan penyegaran lagi jajaran Dekom PLN. Tidak tahu apa targetnya ? Tapi dari sinyalemen yang ada , pengangkatan Dekom ini sebatas sbg ajang balas jasa timses saat Pilpres yang lalu. Sehingga ada istilah "Pendidikan Dekom" (artinya stock Dekom yang ada belum memadai competency nya). Kalau hal ini benar memang sangat disayangkan. Betapa BUMN yang mestinya merupakan "Infrastruktur" Negara dng orientasi kesejahteraan rakyat , dibuat hanya sebagai bahan hadiah Pilpres ? Artinya masuk sebagai instrumen Oligarkhi juga ? 

Pantesan dari Dekom yang lalu, performance  personil nya hanya mampu bicara angka2 saja ! Yang semuanya pasti sdh disiapkan oleh staf PLN ! Sedang Visi kelistrikan mereka tidak tahu ! Mengapa ada putusan MK No 001-021-022/PUU - I/2003 tgl 15 Desember 2004 dan putusan MK No 111/PUU-XIII/2015 tgl 14 Desember 2016 ? Dipastikan mereka tidak tahu ! Sehingga bisa dipastikan mereka ini belum mengetahui fungsi strategis kelistrikan mengapa harus "Vertically Integrated System" dalam operasional System kelistrikan ? Dan mengapa tidak boleh "Unbundling System" ? Bahkan ada "oknum" Dekom PLN yang lalu, saat diskusi (yang dihari pengamat sekelas Ichsanuddin Noorsy dan Reffly Harun ) mengatakan, "saya tidak setuju dng istilah privatisasi saya lebih setuju semua itu pelibatan swasta dalam kelistrikan !" Artinya oknum ini secara tdk sadar telah mereduksi "pelanggaran Konstitusi" menjadi hal yang sangat teknis ! Padahal fenomena yang dia ucapkan itu ber implikasi atas "lompatan" harga listrik kedepannya ! Kok dengan gampang mengucapkan itu ? Inilah akibat jabatan yang hanya dianggap sbg "souvenir" oleh Penguasa !

KESIMPULAN :

Apa yang diharapkan dari perombakan Dekom PLN itu ? Apalagi PLN saat ini sdh di "kepung" oleh Kartel Listrik Swasta kelas dunia yang dibawa masuk ke System PLN oleh Luhut BP, JK, Dahlan Iskan dan Erick Tohir ? 

Yang kalau para Anggota Dekom PLN baru tsb masih dalam tahap coba2 rakyatlah yang akan dirugikan ? Ngerti apa tidak Rezim ini ?

MAGELANG, 17 JULI 2021.


Posting Komentar untuk "Ahmad Daryoko: Bongkar Pasang Dekom PLN! "