Sudah Lakukan Pengamanan Besar-Besaran, Ternyata Tak Ada Demo 'Jokowi End Game' Di DKI

 


Ahad, 25 Juli 2021

Faktakini.info, Jakarta - Pada hari Sabtu (24/7/2021) ternyata suasana di ibukota Jakarta aman-aman saja. Tidak ada aksi demonstrasi. Namun  pengamanan sudah dilakukan oleh aparat di beberapa titik. 

Mengantisipasi dugaan unjuk rasa tolak PPKM bertema 'Jokowi End Game', ribuan aparat gabungan TNI-Polri bahkan telah disiagakan.

Untuk menghalau massa aksi, pihak kepolisian telah mensiagakan kendaraan taktis water canon di depan Universitas Trisakti, Jakarta Barat. Kendaraan penghalau massa itu diparkir persis di bawah fly over putaran atau U turn.

Terlihat motor trail anggota Brimob berikut 5 unit truk polisi terpakir di sekitar lokasi. Massa aksi sama sekali tidak terlihat. Kondisi arus lalu lintas pun terpantau lancar.

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto menyampaikan sebanyak 3.385 personel gabungan diturunkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa menolak PPKM.

Ia mengatakan, ribuan perseonel tersebut telah disiagakan sejak pukul 07.00 pagi tadi. Dari seluruh personel tersebut digelar di beberapa titik, mulai dari kawasan Monas, sekitar Istana Negara hingga di kawasan gedung DPR MPR.

Sebelumnya Jagad dunia maya dihebohkan dengan poster liar berisi seruan unjuk rasa. Poster liar  itu mengajak masyarakat untuk menyuarakan penolakan Pemberlakuan Penyekatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang kini berlaku Level 4 di Jakarta. Bahkan disitu disebutkan bahwa demonstran akan melakukan longmarch dari Glodok menuju Istana Negara. Sehingga dari tulisannya saja sudah banyak kejanggalan dari seruan liar ini. 

Dalam poster liar itu disebutkan, demo bertajuk "Jokowi End Game" itu, akan diisi dengan longmarch dari Harco, Mangga Dua, Jakarta Utara hingga Istana Negara di ibu kota DKI Jakarta.

Poster itu tidak menyebutkan siapa penanggung jawab demo. Begitu juga waktu aksi dimulai, hanya ada tanggal di sana yaitu 24 Juli 2021.

Ternyata sampai hari pelaksanaan, demo sama sekali tidak berlangsung.

kumparan melalui CCTV yang bisa diakses umum memantau sejumlah titik di Jakarta yang kerap jadi tempat kumpul massa, pada Sabtu (24/7/2021) sekitar pukul 16.30 WIB.

Pertama di patung kuda kawasan Monas. Massa aksi tidak terlihat di sana. Namun, sejumlah kendaraan milik polisi masih terparkir di kiri Jalan Medan Merdeka Barat arah Harmoni. Barrier dari beton maupun plastik juga masih berdiri di sana.

Kondisi yang sama juga terlihat di perempatan Harmoni, Bundaran HI, sekitar Tugu Tani, dan kawasan DPR. Arus lalu lintas di sana masih beroperasi normal. Kondisi jalan juga terpantau lancar.

Sementara itu, terkait demo yang ternyata hoaks itu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan akan mencari tahu siapa penyebarnya kabar bohong tersebut.

"Nanti kita cari," kata Yusri.

Yusri menegaskan, hoaks demo benar-benar meresahkan warga. Sebab, dalam poster yang tersebar terlihat logo ojek online yang sebenarnya tidak terlibat dalam aksi tersebut.

"Banyak-banyak yang beredar di media sosial untuk mengajak demo di Jakarta. Beberapa organisasi seperi ojol dan organisasi yang lain mengatakan tidak ikut karena mereka sadar bahwa Jakarta ini tinggi angka COVID," kata Yusri.

Sumber: rmol.id

Posting Komentar untuk "Sudah Lakukan Pengamanan Besar-Besaran, Ternyata Tak Ada Demo 'Jokowi End Game' Di DKI"