Umat Islam Kota Makassar Datangi Rumah Pelaku Penutup Akses Ponpes Di Masale

 


Jum'at, 23 Juli 2021

Faktakini.info, Jakarta - Indahnya lantunan ayat-ayat Kitab Suci Al-Qur'an, bisa membuat hati tersentuh. Bahkan mendengar bacaan Alquran mendatangkan rahmat Allah SWT. Allah SWT berfirman: 

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ 

"Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat." (QS Al Araf 204) 

Karena itu, dengan mendengar bacaan Alquran, maka mempercepat datangnya rahmat atau kasih sayang Allah SWT.

Namun berbeda dengan Amiruddin, sosok seorang oknum legislator dari PAN di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang justru menutup dengan tembok pintu masuk rumah pondok pesantren penghafal Al-Qur'an atau rumah tahfiz. Sebabnya, Amiruddin yang merupakan anggota DPRD Kota Pangkep dari PAN yang tinggal bertetangga dengan rumah tahfiz itu, kesal mendengar anak-anak mengaji. Parahnya lagi Amirrudin mengklaim suara anak-anak sedang melantunkan ayat-ayat Kitab Suci Al-Qur'an telah membuat ribut.

Rumah ponpes tahfiz Nurul Jihad ini berada di Jalan Ance Deng Ngoyo Lr 5, RT/RW V, Kelurahan Masale Makassar. Pintu belakang rumah tahfiz ini ditembok pada Kamis (22/7) kemarin oleh si Amiruddin tetangga sendiri yang tepat berada di samping belakang rumah mereka.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar Bripka Muh Rais mengatakan, penutupan jalan masuk pintu belakang rumah penghafal Alquran, disebabkan diduga pelaku bernama Amiruddin sangat terganggu mendengar suara anak tahfidz.

"Kata para warga, legislator ini ada di Kota Makassar, sangat terganggu dengan anak-anak mengaji. Ketika selesai mengaji anak-anak ini juga bermain di lokasi itu. Karena itu adalah fasilitas umum," kata Bripka Muh Rais saat dikonfirmasi Alur.id

Tak hanya itu, Rais menyebutkan, legislator itu juga sempat mengancam anak penghafal Alquran menggunakan senjata tajam.

"Dari laporan, mereka juga sempat diancam parang. Bahkan pintu bagian belakang itu juga dirusak oleh oknum legislator ini," bebernya.

Tak menunggu waktu lama, Jum'at (23/7) umat Islam kota Makassar langsung mendatangi lokasi kejadian dan kediaman pelaku untuk mengawal kasus ini dan menuntut Amiruddin membuka pagar yang menutup akses Ponpes dan diproses secara hukum. 

"Kami umat Islam Kota Makassar akan terus mengawal kasus ini sampai ke pengadilan", ujar Ustadz Syaiful mewakili umat Islam Kota Makassar. 

Amiruddin nggota DPRD Kabupaten Pangkep itu membangun pagar tembok setinggi 4 meter menutup jalan masuk. Menuju rumah penghafal Alquran di Kelurahan Masale, Kecamatan Panakukkang, Kota Makassar.

Aksi ini pun membuat warga dan pemerintah kecamatan geram. Karena membuat anak-anak penghafal Alquran tidak bisa beraktivitas seperti biasa.

Camat Panakkukang Thahir Rasyid mengatakan akan melayangkan surat somasi kepada oknum legislator Partai Amanat Nasional (PAN), disebut bernama Amiruddin.

"Kita akan kirim surat somasi kepada anggota DPRD Pangkep itu," kata Camat Panakkukang, Thahir Rasyid, Jumat, 23 Juli 2021.

Namun, sebelum melayangkan surat somasi kepada Amiruddin, Pemerintah Kecamatan Panakkukang berharap agar pagar tembok setinggi 4 meter tersebut terlebih dahulu dibongkar.

"Kalau belum dibongkar baru kita layangkan surat somasinya. Biarkan anak-anak ini bisa menghapal Alquran lagi. Kalau surat kami tidak ditindaklanjuti atau diindahkan, maka kami akan tempuh ke jalur hukum," tegasnya.

Thahir Rasyid, menyebutkan telah meninjau lokasi itu. Dia mengatakan, akses masuk ke rumah penghafal alquran atau Tahfidz Alquran tertutup karena dibanguni tembok. Sehingga tak dapat dilalui.

Lokasi yang dipagari oleh oknum legislator tersebut, kata Thahir merupakan fasilitas umum (Fasum) atau milik pemerintah Kota Makassar.

"Itu milik pemerintah, kok dipagari oleh warga yang dekat lokasi rumah Tahfidz Alquran," tutupnya.

Perbuatan Amiruddin ini tentu membuat miris. Apalagi begitu banyak manfaat yang didapat oleh umat Islam dengan mendengarkan Al-Qur'an. Selain mendapatkan rahmat Allah SWT seperti yang telah disampaikan tadi, juga masih ada 5 manfaat lainnya. 

Kedua, diganjar pahala yang berlipat. Satu huruf ayat suci Alquran diganjar 10 kebaikan. Dan Allah SWT melipatgandakan kebaikan bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya. 

Ketiga, adalah untuk mendapatkan hidayah karena Alquran merupakan salah satu pedoman bagi orang yang mentadabburinya dan mengamalkannya. 

Karena itu, mendengar lantunan bacaan Alquran merupakan amal saleh dan diberikan hidayah dan taufik. Allah SWT berfirman: 

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا  

"Sungguh, Alquran ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar." (QS Al Isra 9) 

Keempat, seorang Muslim yang menyimak bacaan Alquran maka dirinya dihilangkan dari sesuatu yang syubhat dan syahwat. Perbuatan baik tersebut juga menjadi cahaya di akhirat dan ketika melalui jembatan. Allah SWT berfirman: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Bertaubatlah kepada Allah SWT dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, "Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu." (QS At Tahrim ayat 8) 

Kelima, dijauhkan dari api neraka dan menjadi jalan menuju kemenangan. Orang yang mendengar bacaan Alquran juga diberikan hidayah dan taufik, serta penyembuh hati dan tubuh yang sakit. 

Keenam, jiwanya merasa bahagia dan tenang setelah mendengar lantunan ayat-ayat suci Alquran. Terlebih jika Anda tahu mengetahui maknanya. Kenikmatan mendengar lantunan ayat dari seorang qari dengan suara indah tidak akan bisa didapatkan kecuali dari Alquran.

Sumber: detik.com, suara.com

Klik video:






Posting Komentar untuk "Umat Islam Kota Makassar Datangi Rumah Pelaku Penutup Akses Ponpes Di Masale"