Prancis Juara Bola Voli Putra Olimpiade Tokyo, Amerika Rebut Emas Putri




Ahad, 8 Agustus 2021

Faktakini.info, Jakarta - Tim Bola Voli Putra Prancis berhasil merebut medali emas Olimpiade Tokyo. Mereka mengalahkan ROC (Rusia) dengan skor 3-2 (25-23, 25-17, 21-25, 21-25, 15-12)di Ariake Arena, Tokyo, Sabtu, 7 Juli 2021.

Pertarungan berlangsung sangat menarik. Prancis seperti akan mulus meraih kemenangan dengan cepat, setelah memenangi dua set pertama.

ROC mampu bangkit dan balik menekan lalu merebut set ketiga dan keempat. Pada set penentuan, pertandingan benar-benar berlangsung ketat dan menegangkan. Kedua tim paling jauh terpaut dua poin.

Prancis akhirnya meraih kemenangan setelah smash dari pemain ROC melebar. ROC sempat meminta challenge, tapi setelah ditelaah video menunjukkan keputusan wasit telah benar. Prancis pun juara.

Earvin Ngapeth menjadi kunci keberhasilan Prancis. Ia merebut 26 poin, termasuk 21 angka dari 40 spike yang dia lakukan. Ia juga melakukan tiga servis berbuah poin dan dua blok yang sukses.

Jean Patri, yang tampil cemerlang di laga semifinal, kali ini hanya menyumbang 15 poin. Trevor Clevenot menambahkan 11 poin.

Di kubu ROC, Maxim Mikhaylov dan Egor Kliuka jadi duet menakutkan. Mereka masing-masing menyumbang 21 dan 20 poin.

Ini menjadi gelar pertama bagi Prancis. Sebelumnya mereka sudah tampil empat kali di Olimpiade, dengan torehan terbaik posisi kedelapan di Seoul 1988.

ROC/Rusia gagal merebut gelar keduanya. Mereka sempat merebut emas dalam Olimpiade 2012, lalu kalah di babak semifinal dalam Olimpiade Rio 2016.

Sementara itu, medali perunggu bola voli Olimpiade Tokyo direbut Argentina yang mengalahkan juara bertahan Brasil 3-2.

Di arena Putri, Amerika Serikat (AS) menang tiga set langung 25-21, 25-20 dalam final bola voli putri Olimpiade Tokyo 2020, Minggu siang (8/8/2021) di Ariake Arena, Jepang, Hasil ini membawa tim putri AS meraih medali emas.

Pada set pertama tim putri AS tak memberi kesempatan lawannya mengembangkan permainannya. Penampatan bola lewat smes-smes keras Haleigh Washington banyak mengumpulkan poin untuknya hingga unggul 12-8.

Namun, Brasil juga tak mau kalah. Ana Carolina dan Rosamaria cs pelan-pelan mengejar pengumpulan angka AS. Memasuki pertarungan akhir set pertama AS kembali melejit dan mengakhirnya dengan skor 25-21.

Memasuki set kedua giliran Brasil yang memimpin perolehan angka setelah banyak memanfaatkan kesalahan pemain AS. Pertandingan makin menarik setelah AS yang dimotori Andrea Drews berhasil mengejarnya bahkan berbalik unggul 10.7.

Perolehan poin AS makin tak terbendung hingga 17-9. Selain sering gagal menyebarangkan bola, kerjasa pemain Brasil kurang kompak sehingga sering melakukan kesalahan sendiri. AS menutup set ini 25-20

Perlawanan

Tak mau kalah cepat Brasil bermain lebih apik. Sebaliknya pemain putri AS terpaksa harus bekerja keras membendung serangan lawannya.

Unggul cukup jauh, Brasil gagal mempertahankan kemenangan. AS mampu mengejarnya dan berbalik memimpin 15-8. Meski sudah berupaya keras menyamakan kedudukan, raihan angka AS tak mampu dibendung pemain Brasil dan mereka harus menyerah kalah 14-25.

Sukses

Sebelumnya, tim bola voli putri Brasil sukses melaju ke final Olimpiade Tokyo 2020 setelah menundukkan Korea Selatan dengan skor telak 3-0, Jumat (6/8/2021).

Pada pertandingan tersebut, Brasil menang langsung tiga set dengan mencatatkan skor unik atas Korea Selatan, yakni identik 25-16, 25-16, dan 25-16.

Sementara itu, AS lolos ke partai puncak usai kalahkan peraih perak Olimpiade Rio 2016 Serbia. AS menang 25-19, 25-15 dan 25-23.

Foto: Pemain Prancis Earvin Ngapeth (kiri) merayakan poin dengan libero Jenia Grebennikov (tengah) dan spiker Jean Patry dalam pertandingan final bola voli putra Olimpiade Tokyo melawan Rusia di Ariake Arena, 7 Agustus 2021.

Sumber: tempo.co, liputan6.com