Program Hunian Untuk Rakyat (HUR), HILMI FPI Tangsel Bedah Rumah Pak Kosan di Sepatan Timur

 



Ahad, 15 Agustus 2021

Faktakini.info, Jakarta - Front Persaudaraan Islam (FPI) bersama Bidang Kemanusiaan nya (HILMI) hingga saat ini masih terus aktif melakukan kegiatan sosial kemanusiaan dan membantu warga masyarakat, termasuk memperbaiki rumah kaum dhuafa. 

Kali ini melalui program Hunian Untuk Rakyat (HUT), HILMI-FPI membedah rumah satu keluarga kakek dengan tiga orang anak dan seorang cucu yang tinggal di gubuk reyot dan bocor. 

Kepala Keluarga tersebut bernama Kosan (62) warga RT 003 RW 01 Desa Gempol Sari Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Kehidupan Pak Kosan sungguh memprihatinkan tinggal bersama ke-3 orang anaknya dan seorang cucu perempuan berusia 8 tahun.

Keluarga Pak Kosan tinggal di gubuk reot dengan atap yang bocor dan hanya mengandalkan lembaran plastik bekas untuk menahan derasnya air hujan.

Pak Kosan bersama 3 anaknya serta sang cucu
Pekerjaan Pak Kosan sehari-hari sebagai Pemulung botol bekas air mineral. Penghasilannya tidak menentu. Apalagi di masa Pandemi saat ini. Sang anak perempuan yang merupakan anak bungsu telah berpisah dengan sang suami. Sehingga Ia kembali tinggal di tempat sang Ayah bersama anak perempuannya.

Hingga pada suatu saat informasi tentang Keluarga Pak Kosan sampai ke DPW HILMI-Front Persaudaraan Islam Tangerang Selatan.  Tim Relawan Kemanusiaan Hilmi Tangsel segera merespon baik dengan melengkapi data Pak Kosan dan segera memutuskan untuk hadir ke tempat tinggalnya.

Akhirnya Tim Relawan Kemanusiaan tiba ditempat kediaman Pak Kosan. Tim Relawan Kemanusiaan membagikan sembako (sembilan bahan pokok) serta sejumlah uang yang diserahkan langsung kepada Pak Kosan.

Peninjauan tersebut membuktikan bahwa tempat tinggal Keluarga Pak Kosan sungguh miris dan memprihatinkan serta tidak layak untuk dihuni. Gubuk reyot berdinding bilik yang sudah bolong disana-sinu. Bagian atap bocor di banyak tempat dan hanya ditambal dengan plastik sekedar mengurangi kebocoran.

Tim Relawan Kemanusiaan HIlMI Tangsel segera berkoordinasi dengan DPP HILMI-Front Persaudaraan Islam yang langsung merespon informasi tersebut. Hasil rembukan memutuskan bahwa akan dilanjutkan dengan Program Bedah Rumah bagi keluarga Pak Kosan.

Selanjutnya disusun rencana dan RAB (rencana anggaran biaya) untuk pembangunan tempat tinggal Pak Kosan. Jadi harus membangun ulang, karena jika hanya ditambal sana-sini tidak akan bertahan lama, jadi diputuskan untuk membangun ulang.

Tim Relawan Kemanusiaan DPW Hilmi Tangsel yang akan menjadi koordinator pelaksana di lapangan. Juga melakukan koordinasi dengan aparat setempat yaitu pihak Kelurahan dan Kecamatan setempat. Selain itu juga menyakinkan bahwa tanah tempat berdirinya rumah tersebut adalah benar milik keluarga Pak Kosan.

Kami memohonkan Doa serta bagi Para Dermawan yang ingin terlibat membantu. Agar pembangunan rumah tersebut dapat berjalan lancar.

Narasumber: Dede Winata Relawan Kemanusiaan DPW HILMI Tanggerang Selatan.








Posting Komentar untuk "Program Hunian Untuk Rakyat (HUR), HILMI FPI Tangsel Bedah Rumah Pak Kosan di Sepatan Timur"