(Video) Diplomatnya Dianiaya Petugas Imigrasi, Nigeria Tarik Dubes dari Indonesia

 


Kamis, 12 Agustus 2021

Faktakini.info, Jakarta - Di tengah arus masuknya para TKA Cina bahkan di tengah situasi PPKM, muncul berita buruk terkait perlakuan terhadap Diplomat Nigeria. 

Menteri Luar Negeri Nigeria Geoffrey Onyeama mengatakan pemerintahnya memutuskan menarik duta besar untuk Indonesia, Usman Ogah. Hal itu dilakukan setelah adanya perlakuan buruk oleh petugas imigrasi Indonesia terhadap diplomat Nigeria.

Penarikan dilakukan setelah kementerian mendapat pengarahan lebih lanjut dan komprehensif dari duta besar Nigeria pada Senin malam.

Meskipun permintaan maaf telah disampaikan dari Duta Besar Indonesia di Nigeria, pemerintah federal tetap bereaksi terhadap serangan atas diplomat yang diidentifikasi bernama Ibrahim.

Onyeama mengatakan duta besar sedang dipanggil untuk konsultasi lebih lanjut di tingkat tertinggi. Dia mengatakan hal ini akan berpengaruh terhadap hubungan Nigeria dan Indonesia.

Dia mengatakan Nigeria menuntut pemerintah Indonesia menerapkan sanksi berat terhadap pejabat imigrasi yang bertanggung jawab atas serangan kurang ajar itu.

“Tidak ada pembenaran atas perlakuan terhadap seorang diplomat dan bahkan terhadap warga negara Nigeria. Kami mengambil langkah kuat untuk membela kepentingan Nigeria di mana pun di dunia," katanya.

Pemerintah Federal sebelumnya menyatakan ketidakpuasannya atas penganiayaan terhadap petugas Komisi Tinggi dan Konsulat Nigeria di Indonesia. Kementerian Luar Negeri menyatakan penangkapan dan penanganan pejabat diplomatik bertentangan dengan hukum internasional dan Konvensi Wina yang mengatur Hubungan Diplomatik dan Konsuler antar negara.

Pemerintah Nigeria mengatakan telah menulis surat kepada Indonesia atas perlakuan buruk yang dilakukan kepada agen diplomatiknya di negara tersebut.

Dalam rekaman video yang viral di Nigeria, seorang pejabat imigrasi Indonesia kedapatan menyiksa seorang diplomat Nigeria bernama Ibrahim pada akhir pekan lalu. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun telah mengklarifikasi tuduhan kekerasan yang dilakukan petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan terhadap seorang Diplomat Nigeria.

"Justru WNA asal Nigeria itu yang melakukan pemukulan terhadap petugas kami saat dalam perjalanan ke kantor Imigrasi," ujar Ibnu mengutip Antara, Rabu, 11 Agustus 2021. Diplomat tersebut, ucapnya, dibawa ke kantor karena bersikap tidak kooperatif dengan menghardik petugas yang melakukan pemeriksaan dokumen dan menantang untuk ditahan.

Menurut Ibnu, akibat pemukulan itu salah seorang petugas mengalami luka bengkak dan berdarah pada bagian bibir sebelah kiri. Hal itu bisa dibuktikan dari hasil visum yang dilakukan petugas imigrasi.

Video diplomat Nigeria dianiaya petugas Imigrasi telah viral di media sosial. Aksi penganiayaan tersebut berbuntut panjang hingga membuat pemerintah Nigeria turun tangan.

Dalam video tersebut, tampak beberapa petugas Imigrasi memegangi tangan dan kepala diplomat Nigeria hingga korban mengaku kesulitan bernapas.

Insiden tersebut juga telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Mujiono.

Pemerintah Nigeria langsung turun tangan menarik duta besarnya yang berada di Indonesia sebagai bentuk protes.

Berikut Suara.com merangkum kumpulan fakta terkait diplomat Nigeria dianiaya petugas Imigrasi, Rabu (11/8/2021).

1. Viral Video Konselor Kedutaan Nigeria Diduga Dianiaya Petugas Imigrasi di Jakarta

Sebuah video menunjukkan seorang warga negara asing (WNA) diduga dianiaya sejumlah pria petugas imigrasi di Jakarta dalam sebuah mobil, viral di media sosial.

Video itu diunggah oleh akun Twitter @LegitpostNg pada Minggu (8/9/2021) lalu.

2. Kepala Kantor Imigrasi Jaksel Akui Oknum Pegawainya Diduga Aniaya Diplomat Nigeria

Sebuah video aksi dugaan penganiayaan terhadap seorang diplomat Nigeria oleh oknum pegawai Imigrasi Jakarta Selatan viral di media sosial.

Kepala Kantor Imigrasi Jaksel Mujiono mengakui adanya kejadian dugaan penganiayaan yang dilakukan pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Kota Jaksel itu.

3. Oknum Imigrasi Jaksel Diduga Aniaya Diplomat Nigeria, Ini Klarifikasi Kemenkumham DKI

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Ibnu Chuldun angkat bicara terkait video viral dugaan penganiayaan yang dilakukan oknum petugas kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan terhadap seorang diplomat Nigeria.

Ibnu mengungkapkan bahwa peristiwa yang sesungguhnya terjadi ialah diplomat Nigeria itu lebih dahulu bertindak arogan dan memukul petugas imigrasi.

4. Dirjen Imigrasi Harus Minta Maaf terkait Insiden Penganiayaan Warga Nigeria

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie mengatakan bahwa penganiayaan terhadap warga Nigeria oleh petugas Imigrasi harus diusut. Ia menyarankan pemerintah meminta maaf dan mencopot pimpinan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dan Dirjen Imigrasi karena telah gagal menjaga nama baik Indonesia.

“Dirjen Imigrasi harus meminta maaf, barang kali memang dia gagal melatih mental akhlak anak buahnya. Harus segera ditindak lanjuti, diperiksa karena sudah ada bukti-bukti. Apalagi ini sudah ada audio visualnya. Bagi saya harus segera dicopot lah,” kata Jerry di Jakarta, Selasa (10/8/2021).

5. Cerita Diplomat Nigeria Pukul Petugas Kantor Imigrasi Jaksel, Berakhir Damai

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jakarta Ibnu Chuldun mengklarifikasi tuduhan kekerasan yang dilakukan petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan terhadap seorang diplomat Nigeria.

"Justru WNA asal Nigeria itu yang melakukan pemukulan terhadap petugas kami saat dalam perjalanan ke Kantor Imigrasi," kata dia melalui keterangan tertulis, hari ini.

6. Diplomatnya Dianiaya Petugas Imigrasi, Pemerintah Nigeria Panggil Dubes Indonesia

Viralnya video yang memperlihatkan tindakan tidak menyenangkan dari petugas Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan kepada diplomat Nigeria berbuntut panjang. Pemerintah Nigeria pun resmi memanggil Duta Besar untuk Indonesia, Usman Ogah akibat kejadian tersebut.

Dilansir dari media Ripples Nigeria, peristiwa yang terjadi di Jakarta itu ternyata memberikan dampak buruk bagi hubungan kedua antar negara.

7. Nigeria Tuntut Staf Imigrasi Indonesia Dihukum, Ini Respons Kemenlu RI

Kementerian Luar Negeri Indonesia melansir informasi pertemuan antara Duta Besar RI Usra Hendra Harahap dengan Menteri Luar Negeri Nigeria Geoffrey Onyeama.

Pertemuan itu digelar setelah pemerintah Nigeria meminta pejabat imigrasi Indonesia dihukum karena seorang diplomat negara tersebut yang diidentifikasi bernama Ibrahim dianiaya, Sabtu pekan lalu di Jakarta.

8. Protes Diplomatnya Dianiaya Pegawai Imigrasi, Nigeria Tarik Pulang Dubes dari Indonesia

Nigeria menarik pulang duta besarnya untuk Indonesia, Usman Ogah, setelah salah satu diplomatnya menjadi korban kekerasan diduga berlatar rasis oleh oknum pegawai Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

Menyadur Ripples Nigeria, Rabu (11/8/2021), Usman Ogah dipulangkan pemerintah Nigeria setelah video penganiayaan tersebut beredar di media sosial.

9. Perkara Diplomat dan Petugas Imigrasi, Nigeria Ancam Tinjau Ulang Hubungan Bilateral

Pemerintah Nigeria mengambil langkah serius atas kejadian tindakan tak menyenangkan yang dilakukan petugas imigrasi terhadap diplomatnya yang bekerja di Kedutaan Besar Nigeria di Indonesia.

Pemerintah Nigeria akan melakukan peninjauan kembali hubungan bilateral kedua negara

Sumber: tempo.co, suara.com

Klik video:




Posting Komentar untuk "(Video) Diplomatnya Dianiaya Petugas Imigrasi, Nigeria Tarik Dubes dari Indonesia"