Terapkan Prokes, Acara Maulid Nabi SAW di Masjid Luar Batang dan Makam Habib Kuncung Sukses

 



Ahad, 31 Oktober 2021

Faktakini.info, Jakarta - Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami Keramat Luar Batang dan Makam Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus, Penjaringan Jakarta Utara sukses digelar hari ini Ahad (31/10/2021). 

Walaupun pandemi COVID-19 alias virus Corona yang berasal dari Wuhan Cina telah berkurang, namun para ulama, habaib dan masyarakat yang hadir tetap memakai masker dan berusaha menjaga protokol kesehatan. Aparat kepolisian juga turut mengawal acara ini. 

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Keramat Luar Batang dan Makam Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus ini sudah berlangsung selama ratusan tahun dan selalu dihadiri umat Islam dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri.

Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan Rouhah Qutubus Salaf berupa pembacaan sholawat, dzikir dan lainnya pada pukul 07.00 WIB.

Kemudian para jamaah berziarah ke Makam Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus, dilanjutkan dengan pembacaan rawi Maulid. 

Setelah membuka dengan pembacaan doa, dalam sambutannya Habib Hussein bin Hasan bin Abubakar Alaydrus selaku Mutawali atau Khalifah nya makam Keramat Luar Batang, mengucapkan selamat datang untuk para jamaah yang hadir, dan mengucapkan terima kasih untuk para donatur semua pihak yang membantu kesuksesan acara ini termasuk aparat keamanan. 

"Semoga para jamaah yang hadir panjang umur dan mendapatkan syafaat Rasulullah SAW", ujar Habib Hussein. 

Ia juga menyampaikan permohonan maaf karena atas satu dan lain hal acara Maulid pada tahun ini disudahi lebih awal yaitu pada pukul 10 pagi, dan acara Maulid untuk kaum ibu ditiadakan. 

Habib Abdullah bin Abubakar Alaydrus menjadi MC atau pembawa acara kali ini. Sementara pembacaan Maulid Simtudduror karangan karangan Habib Ali bin Muhammad Alhabsyi dimulai oleh Habib Ahmad bin Muhammad Alhaddad, lalu dilanjutkan oleh Habib Muchsin Alaydrus, Habib Hafidz Alaydrus, Habib Muhammad bin Idrus Alhaddad dan lainnya. 

Doa penutup dilakukan oleh Habib Abdurrahman bin Muhammad Alaydrus.

Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan tertib dan setelah acara ditutup pukul 10 pagi para jamaah menikmati hidangan nasi kebuli yang disediakan oleh panitia

Di hari yang sama, Acara Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW juga sukses digelar di Komplek Makam Habib Ahmad bin Alwi Alhaddad atau Habib Kuncung di Jalan Rawajati, Kalibata Jakarta Selatan. 

Rangkaian acara dimulai dengan sholat ashar berjamaah di Masjid At-Taubah serta Komplek Pemakaman Habib Abdullah bin Ja'far Alhaddad dan Habib Kuncung. 

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak, ribuan jama'ah nampak khidmat mengikuti pembacaan maulid Simthud Durror dan seluruh rangkaian acara yang berlangsung dibawah cuaca teduh ini. 

Para Habaib dan Ulama yang hadir antara lain Habib Muhammad bin Idrus Alhaddad (Malang), Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi Kwitang, Habib Hamid bin Syech Alhaddad, Habib Ahmad bin Novel bin Jindan dan lainnya. 

Acara ditutup pukul 17.00 WIB kemudian para jamaah menikmati hidangan nasi kebuli yang disediakan oleh pihak panitia acara.

          Suasana Maulid di Kalibata (31/10/2021) 

Klik video: