Terima Gelar Kehormatan Tokoh Betawi dari Bamus Betawi, Anies: Amanat Yang Harus Dijaga

 



Ahad, 31 Oktober 2021

Faktakini.info, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat penganugerahan gelar kehormatan tokoh Betawi dari Majelis Adat Badan Musyawarah (Bamus) Betawi. Pemberian gelar kehormatan dilaksanakan di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (31/10/2021).

Pemberian gelar kehormatan ini merupakan salah satu tujuan dari kedudukan Bamus Betawi sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2015. Dalam aturan tersebut mengatur tentang pelestarian kebudayaan Betawi sebagai organisasi induk masyarakat Betawi sekaligus mitra resmi pemerintah daerah dalam pelaksanaan seluruh kegiatan pelestarian kebudayaan Betawi. 

Sehubungan dengan penghormatan kepada para tokoh yang telah berjasa bagi kemajuan masyarakat hukum adat Betawi dan peradaban kota Jakarta, Anies dinilai layak diberikan penganugerahan gelar kehormatan.

Anies Baswedan

Kemarin menjadi salah satu di antara 11 tokoh yang menerima Gelar Kehormatan Tokoh Betawi dari Badan Musyawarah (BAMUS) Betawi.

Terima kasih dan apresiasi atas gelar kehormatan yang diberikan, kami pandang ini sebagai sebuah amanat yang harus kita jaga sebaik-baiknya.

Kami juga mengucapkan selamat kepada para pengurus Majelis Adat BAMUS Betawi yang baru, majelis ini yang nantinya menjaga, menopang perjalanan budaya yang sudah punya catatan sejarah panjang. Karena itu menjadi anggota Majelis Adat merupakan amanat yang besar.

Dalam perjalanan ke depan kita harus berikan kesempatan lebih besar untuk pengembangan budaya Betawi. Apalagi masa pascapandemi di mana kita bisa re-start, karena format interaksi berubah sementara kita tahu budaya adalah hasil interaksi. Jakarta kota yang paling kompleks dan menjadi rumah masyarakat Betawi, karena itu ke depan kita harus serius mengembangkan budaya untuk masyarakat pascapandemi.

Di kota ini masyarakat Betawi menjadi tuan rumah yang menjadi simpul persatuan. Masyarakat Betawi menciptakan ekosistem bagi seluruh anak bangsa untuk bersatu, masyarakat Betawi adalah fasilitator yang berkontribusi amat besar untuk Indonesia. Mari bersama kita terus jaga simpul ini.

Bersepeda ke pasar belanja sawi, 

Pulangnya tak lupa membeli madu. 

Terima kasih BAMUS Betawi, 

Bersama-sama kita dorong Betawi Maju.

#BAMUSBetawi

Sumber: Antara dan lainnya