Luhut Klaim Ada Tren Kenaikan Kasus COVID-19 di 43 Kab/Kota di Jawa-Bali

 


Selasa, 8 November 2021

Faktakini.info, Jakarta -  Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim ada tren kenaikan kasus Corona (COVID-19) di Pulau Jawa-Bali. Luhut menyebut ada kenaikan kasus 33,6 persen terjadi di 43 kabupaten/kota dari 128 kabupaten/kota selama 7 hari terakhir.

"Saya sampaikan terdapat tren kenaikan kasus di Jawa Bali, utamanya terjadi pada 43 kabupaten/kota, dari 128 kabupaten/kota atau 33,6 persen dalam 7 hari terakhir ini," kata Luhut saat konferensi pers di YouTube Setpres, Senin (8/11/2021).

Luhut mengatakan timnya akan mengumpulkan data kenaikan kasus 43 kabupaten/kota itu. Nantinya, data itu akan dipakai untuk mengidentifikasi penyebab kenaikan kasus.

"Kami akan segera mengumpulkan 43 kabupaten kota Jawa Bali tersebut untuk segera mengidentifikasi dan melakukan intervensi demi menahan tren kenaikan ini," jelasnya.

Selain itu, Luhut mengklaim untuk wilayah DKI Jakarta tren kasusnya naik semua. Dia juga mengingatkan seluruh masyarakat agar menaati protokol kesehatan.

"Dan di Jakarta di utara, timur, barat, selatan, itu hampir semua trennya udah naik. Jadi saya mohon kita semua hati-hati melihat ini," pungkasnya.

Luhut yang saat ini namanya sedang viral disebut-sebut terkait bisnis PCR itu kemudian menyatakan membuka peluang untuk mewajibkan tes PCR bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan di akhir tahun ini. Pemerintah saat ini masih mengkaji lebih jauh soal kewajiban penggunaan tes Covid-19 tersebut meskipun sebelumnya tercatat pelaksanaan aturan itu berulang kali berubah di lapangan.

Luhut menjelaskan, opsi wajib tes PCR kembali dibuka karena pemerintah ingin mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 akibat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Kita sedang mengevaluasi apakah nanti penahanan mobilitas penduduk ini akan kita terapkan kembali pelaksanaan dari tes PCR, itu sedang kami kaji,” ujarnya dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Setpres, Senin, 8 November 2021.

Foto: Luhut Binsar Panjaitan

Sumber: detik.com

Posting Komentar untuk "Luhut Klaim Ada Tren Kenaikan Kasus COVID-19 di 43 Kab/Kota di Jawa-Bali"