Satgas Nemangkawi Papua Tangkap 2 Oknum Polisi Diduga Jual Amunisi ke KKB (OPM)

 



Senin, 1 November 2021

Faktakini.info, Jakarta -  Satgas Nemangkawi menangkap 2 Oknum Aparat Polisi yang diduga menjual Amunisi ke Teroris KKB.

Satgas Nemangkawi menangkap dua oknum anggota polisi atas dugaan penjualan amunisi senjata api ke kelompok kriminal bersenjata (KKB OPM) di wilayah Nabire, Papua, pada Rabu (27/10).

"Iya (ada penangkapan) lagi dilakukan pemeriksaan," kata Kasatgas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi, Kombes Faisal Ramadhani saat dikonfirmasi, Jumat (29/10).

Dalam hal ini, dua anggota polisi itu masing-masing berinisial JPO yang bertugas di Polres Nabire, dan AS yang bertugas di Polres Kepulauan Yapen.

Faisal belum dapat menuturkan lebih lanjut mengenai kronologi penangkapan ataupun barang bukti yang diamankan dari kedua anggota polisi tersebut. Ia menjelaskan pemeriksaan hingga saat ini masih berjalan.

CNN Indonesia

https://www.instagram.com/p/CVrTqFbvIu7/?utm_medium=copy_link

... 

j) Satu Buah tas samping warna hitam tanpa merk.

*B. IDENTITAS TERSANGKA :*

1. Nama : *ARDI SINERI*, Laki-laki, Serui 10-06-1997, Polri, Jl Gajah Mada kel. Serui Kota kec. Yapen Selatan. 

2. Nama : *JONY PRASETYA O,* Laki-Laki, Nabire 02-11-1986, Polri, Frans Kaisepo kec. Nabarua Kab. Nabire. 

*C. RANGKAIAN GIAT :*

1. Pukul 16.56 WIT, bertempat di Kos-kosan Girimulyo tempat keberadaan target an. ARDI SINERI langsung melakukan penangkapan terhadap target an. ARDI SINERI. 


2. Pukul 16.59 WIT, Tsk an. ARDI SINERI di bawah menuju Polres nabire guna di mintai keterangan. 


3. Pukul 17.13 WIT , Tiba di polres Nabire kemudian melakukan pemeriksaan dan Tsk an. ARDI SINERI mengaku mendapatkan peluru dari anggota polri  an. JONY PRASETYA O, kemudian Tim kembali melakukan penangkapan terhadap  sdr. an. JONY PRASETYA O dan di bawa ke polres guna di mintai keterangan. 

*CATATAN :*

1. BB uang yang ditemukan dari Tsk an. ARDI SINERI dan sdr. an. JONY PRASETYA O.  sejumlah Rp.12.100.000 merupakan hasil penjualan Amunisi sebanyak 80 butir. 

2. Amunisi yang didapat dari sdr. an. JONY PRASETYA O sebanyak 80 butir telah dijual oleh Tsk an. ARDI SINERI kepada salah seorang yang belum diketahui identitasnya yang diduga KKB sebesar Rp.12.100.000 Pada hari Rabu tanggal 27 Oktober 2021 yang beralamat di bumi Wonorejo, Kab. Nabire. 

3. Hingga saat ini masih dilakukan pengembangan terhadap Tsk an. ARDI SINERI dan sdr. an. JONY PRASETYA O terkait jual beli amunisi.

https://bali.tribunnews.com/2021/10/29/satgas-nemangkawi-amankan-2-oknum-polisi-yang-diduga-jual-amunisi-ke-kkb-papua

https://www.tribunnews.com/nasional/2021/10/29/satgas-nemangkawi-tangkap-dua-oknum-polisi-yang-diduga-jual-amunisi-kepada-kkb-papua